Sabtu, 11/05/2024 21:14 WIB

Sekjen NATO Sebut Perang di Ukraina Bisa Berlangsung Bertahun-tahun

Sekjen NATO sebut perang di Ukraina bisa berlangsung bertahun-tahun.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg (Foto: Anadolu Agency)

JAKARTA, Jurnas.com - Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (Sekjen NATO), Jens Stoltenberg mengatakan, perang di Ukraina bisa berlangsung selama bertahun-tahun. Ia pun menyerukan kepada negara-negara Barat untuk memberikan dukungan jangka panjang kepada Kyiv.

"Kita harus siap untuk ini berlangsung selama bertahun-tahun," kata Stoltenberg dalam sebuah wawancara yang diterbitkan hari Minggu oleh surat kabar harian Jerman Bild.

"Kita tidak boleh melemah dalam mendukung Ukraina, bahkan jika biayanya tinggi – tidak hanya dalam hal dukungan militer tetapi juga karena kenaikan harga energi dan pangan," tambahnya.

Ia mengatakan kepada Bild bahwa biaya makanan dan bahan bakar tidak seberapa dibandingkan dengan yang dibayarkan setiap hari oleh Ukraina di garis depan.

"Kita harus membayar harga yang lebih besar jika Presiden Rusia Vladimir Putin ingin mencapai tujuan Moskow di Ukraina," tutur Stoltenberg.

Kepala NATO dalam seminggu terakhir telah meningkatkan seruan bagi anggota aliansi untuk mendukung Ukraina dalam perjuangannya melawan invasi Rusia.

Mengulangi seruannya kepada negara-negara anggota NATO untuk terus mengirimkan senjata ke Kyiv, Stoltenberg mengatakan dukungan perangkat keras dapat meningkatkan kemungkinan Ukraina mampu mendorong pasukan Putin keluar dari wilayah Donbas.

Wilayah Donbas paling timur Ukraina saat ini sebagian berada di bawah kendali pasukan Rusia.

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov dan pejabat lainnya minggu ini bertemu dengan sekitar 50 negara dari Grup Kontak Pertahanan Ukraina di markas NATO untuk meminta lonjakan senjata dan amunisi.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Sekjen NATO Jens Stoltenberg Invasi Rusia Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :