Senin, 13/05/2024 02:26 WIB

Kunjungi Pasar Cibubur, Mendag Zulhas Janji Umrohkan dua Pedagang

Kunjungi pasar cibubur, Mendag Zulhas janji umrohkan dua pedagang

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat sidak di pasar cibubur. (Biro Humas Kemendag)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, minyak goreng curah tidak sepenuhnya dihapus, namun diganti dengan yang lebih baik. Salah satunya, dengan mengganti kemasan plastik minyak goreng curah dengan kemasan sederhana.

"Saya tidak mengatakan dihapus, tapi harus lebih baik saja. Jangan bilang dihapus, tidak ada. Jalan keluarnya seperti kemasan sederhana," kata dia di Pasar Cibubur Jakarta Timur, Kamis (16/6/2022).

Menurutnya, penggunaan kantong plastik biasa untuk mengemas minyak curah terlihat tidak sehat. "Saya lihat, kan ada packing sederhana kalau packing-nya kantong plastik itu, saya lihat tidak sehat," ujarnya.

Namun penggunaan kemasan sederhana, menurutnya, akan memerlukan dana tambahan sekitar Rp500. "Packing yang sederhana gitu kan bagus. Cuma itu ongkosnya Rp500. Nah Rp500 itu masa suruh produsen. Ini saya kira yang harus kita rumuskan bareng-bareng dari mana dananya. Habis ini saya akan ada rapat," tuturnya.

Namun menteri yang akrab disapa Zulhas itu menuturkan, perlu waktu dua hingga lima bulan ke depan untuk melakukan perubahan kemasan minyak goreng curah menjadi minyak goreng dengan kemasan sederhana.

"Kalau curah dihapus, ini belum siap, tambah rusak lagi, (kita lakukan) bertahap. Harus jelas peta jalannya, kemasan (sederhana) perlu waktu dua, tiga, lima bulan ke depan," ucapnya.

Mendag Zulhas akan memberangkatkan umrah dua pedagang sembako. Hal itu disampaikan saat kunjungan ke Pasar Cibubur, Jakarta Timur untuk memantau harga kebutuhan pokok. "Saya umrahkan, nanti dicatat ya, suami istri jadi satu pasang," kata menteri yang akrab disapa Zulhas itu, Kamis (16/6/2022).

Pasangan pedagang itu terharu sambil meneteskan air mata. Mereka mengaku tidak menyangka akan dapat hadiah umrah dari mendag yang baru dilantik kemarin, Rabu (15/6/2022). "Saya enggak nyangka, mimpi pun juga tidak, cuma ya bersyukur pokoknya," ujar pedagang bernama Awai.

Menurutnya, dia dan istri akan diberangkatkan pada Agustus setelah Hari Raya Iduladha mendatang. "Katanya Agustus, tadi kan saya ditanya dulu, `sudah berangkat haji belum?` Saya jawab belum," ucapnya.

Sementara dalam kunjungannya ke Pasar Cibubur, Mendag Zulhas singgah di beberapa toko pedagang yang menjual kebutuhan pokok. Dia mengaku kaget dengan keluhan pembeli dan pedagang terkait harga kebutuhan pokok yang hampir semuanya mengalami kenaikan. "Saya terus terang shock juga karena tadi itu pembelinya ngeluh, yang dagang juga ngeluh," ucapnya.

 

 

KEYWORD :

Mendag Zulkifli Hasan pasar Cibubur kemasan minyak goreng pedagang umroh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :