Senin, 29/04/2024 11:30 WIB

Hati-hati, Mewarnai Rambut Berdampak Buruk

Dibalik keindahan yang ditimbulkan, mewarnai rambut ternyata berdampak buruk pada kesehatan tanpa Anda sadari.

Ilustrasi rambut rontok

Mewarnai Rambut merupakan hal yang lumrah di masyarakat, khususnya di kalangan selebritis, yang hampir tiap minggu mengganti gaya rambut hanya untuk terlihat lebih menawan.Mereka tidak segan-segan mengeluarkan biaya mahal demi mendapatkan rambut yang lebih menarik dengan warna yang diinginkan.

Tapi dibalik keindahan yang ditimbulkan, mewarnai rambut ternyata berdampak buruk pada kesehatan tanpa Anda sadari. Kandungan bahan kimia yang terdapat pada pewarna rambut dapat mendatangkan bahaya bagi kesehatan Anda. berikut adalah beberapa efek buruk dari mewarnai rambut sebagaimana dilansir pada Bollywoods Shaadis sebagai berikuta:

#Alergi
Kandungan bahan kimia seperti Paraphenylenediamie atau PPD, yang terdapat dalam pewarna rambut dapat membuat Anda alergi. gejala yang paling umum ditimbulkan yaitu terasa gatal pada kulit kepala, kemerahan dan pembengkakan di kulit kepala, ketombean, pembengkakan di sekitar mata dan kelopak mata, serta kulit bersisik di sekitar mata, hidung dan wajah.

#Rambut Rapuh
Jika Anda sering mewarnai rambut Anda, itu akan membuat rambut Anda lebih banyak mengkonsumsi bahan kimia. Bahan kimia tersebut mengupas kelembaban dari rambut Anda, memisahkan sisik kutikula dan membuat rambut kering dan rapuh serta rambut Anda takkan terlihat berkilau. Dengan demikian, Anda akhirnya akan mengambil jalan terakhir yaitu dengan memotong rambut Anda.

#Iritasi Kulit
Mewarnai rambut juga dapat menyebabkan iritasi kulit, seperti kulit terbakar, kemerahan dan kulit bersisik dan gatal. Sebaiknya sebelum mewarnai rambut, Anda melakukan test dan memastikan Anda tidak alergi dengan pewarna tersebut. Hal ini berguna agar kulit Anda tidak mengalami iritasi.

#Kanker
Percobaan laboratorium telah membuktikan bahwa PPD dapat merusak sel DNA manusia dan menyebabkan kanker. The American Cancer Society percaya bahwa penelitian lebih lanjut harus dilakukan sebelum menyimpulkan hasil penelitian tersebut, bahwa pewarna rambut dapat menyebabkan kanker. Dalam pewarna rambut terdapat zat kimia, Resorsinol, yakni bahan kimia endokrin yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

#Ruam (benjolan kecil)
Ketika seseorang merasakan alergi saat mewarnai rambut, terkadang muncul ruam (benjolan kecil) pada kulit kepala, dan biasanya ruam tersebut muncul pada kulit yang terkena pewarna tersebut. Ketika mendapatkan benjolan tersebut, segeralah melaporkan ke dokter agar segera di tangani.

#Asma
Sejumlah penelitian menyimpulkan bahwa orang-orang yang suka mewarnai rambut cenderung rentang terkena alergi kulit dan asma. Hal ini diakibatkan unsur PPD yang terkandung dalam pewarna rambut. Zat kimia tersebut akan mengganggu pernafasan yang mengakibatkan pada penyakit yang lebih tinggi yaitu asma. Dengan memperhatikan pewarna yang Anda gunakan akan membuat terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.[]

KEYWORD :

pewarna rambut efek buruk kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :