Rabu, 06/07/2022 07:21 WIB

Bakkar Wibowo Sosok Penting Kesuksesan Balkonjazz yang Hidupkan Ekonomi Desa

Balkonjazz Festival berjalan suskes dan hidupkan ekonomi pedesaan. Siapa di belakangnya?

Bakkar Wibowo, founder Balkonjazz Festival sekaligus promotor dari Sinergi Live. (Foto: Jurnas/Ist).

Magelang, Jurnas.com- Promotor Bakkar Wibowo berencana mendatangkan artis internasional ke Balkonjazz Festival. Rencana ini mulai dimatangkan Bakkar Wibowo bersama timnya di Sinergi Live. Namun, siapa artis internasional yang akan didatangkan Bakkar Wibowo ke Indonesia untuk tampil di Balkonjazz Festival masih dirahasiakan.

"Niat itu sudah ada. Tapi belum bisa disampaikan sekarang. Tunggu saja tanggal mainnya," kata Bakkar Wibowo berbincang disela gelaran Balkonjazz Festival 2022, Sabtu (14/5/2022) malam.

Bakkar Wibowo bersama Sinergi Live dan Bhiva Indonesia menggelar Balkonjazz Festival 2022 di Gasblock PGN Balkondes Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Ini adalah gelaran kedua Balkonjazz Festival. Sebelumnya, Bakkar Wibowo menggelar Balkonjazz Festival 2019 di Balkondes Tuksongo, Borobudur, Magelang. Balkondes Tuksongo dikenal memiliki banyak perkebunan tembakau. Setelah dua tahun tertunda akibat pandemi, Balkonjazz Festival 2022 kembali digelar Bakkar Wibowo.

Tidak hanya mendatangkan artis kelas internasional, Bakkar Wibowo juga akan menggelar Balkonjazz Festival di banyak balkondes di kawasan Borobudur. Di kawasan Candi Borobudur ada banyak balkondes yang kini dikelola warga setempat secara mandiri. Menurut Bakkar Wibowo, festival sejatinya melibatkan banyak orang. Sejak awal Balkonjazz Festival digelar, Bakkar Wibowo sudah melibatkan warga di sekitar kawasan Candi Borobudur.

Saat itu warga di Balkondes Tuksongo yang kebetulan sedang panen tembakau, sengaja libur untuk mendukung Balkonjazz Festival 2019. Kini, warga kembali dilibatkan Bakkar Wibowo saat hajatan Balkonjazz Festival 2022 digelar.

"Misalnya, kami gagas OW atau Ojek Warga, yang menjadi alat transportasi resmi penonton dari tempat parkir kendaraan mereka ke venue acara," kata Bakkar Wibowo.

Nilai valuasi Ojek Warga itu, sebut Bakkar Wibowo, lebih Rp 60 jutaan dan semua keuntungannya untuk warga. Seharusnya, ada program live in untuk penonton Balkonjazz Festival 2022, tapi rencana itu belum bisa terlaksana.

"Kami belajar banyak hal di penyelenggaraan Balkonjazz Festival 2019. Makanya, persiapan Balkonjazz Festival 2022 jauh lebih panjang," kata Bakkar Wibowo.

Penyelenggaraan Balkonjazz Festival 2022 terasa lebih tertata dan rapi. Tiket Balkonjazz Festival 2022 yang jumlahnya hingga 1.500 lembar ini bahkan laku cepat hanya dalam waktu singkat.

"Niat festival musik ini untuk mengangkat perekonomian warga lokal," kata Bakkar Wibowo.
Hadirnya Balai Ekonomi Desa atau Balkondes di sekitar Candi Borobudur, hingga Balkonjazz Festival, mampu mengangkat perekonomian warga sekitar.

"Omzet perekonomian warga naik sejak muncul Balkonjazz pertama di tahun 2019," ujar Bakkar Wibowo.

Suntikan semangat hingga pelibatan warga ini membuat Bakkar Wibowo terus semangat untuk membantu menghidupkan asa warga yang tinggal di kaki Perbukitan Menoreh itu.

"Adanya Balkonjazz ini agar warga semangat. Balkonjazz Festival 2022 ini juga digelar sebagai penanda bahwa negara ini sudah aman (wisata)," kata Bakkar Wibowo.

TAGS : Balkonjazz Festival Bakkar Wibowo Ekonomi Desa




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :