Jum'at, 26/04/2024 18:31 WIB

Besok, Mendagri Dijadwalkan Lantik Lima Pj Gubenur

Iya benar. Rencana besok Kamis 12 Mei jam 08.00 di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri Bapak Mendagri Tito Karnavian akan melantik 5 Pj Gubernur

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan melantik penjabat (Pj) gubernur. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik penjabat (Pj) gubernur pada besok hari Kamis 12 Mei 2022. Pj gubernur tersebut akan menggantikan lima kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada pertengahan Mei 2022.

"Iya benar. Rencana besok Kamis 12 Mei jam 08.00 di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri Bapak Mendagri Tito Karnavian akan melantik 5 Pj gubernur," ujar Staf Khusus Mendagri Bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga saat dikonfirmasil, Rabu (11/5/2022).

Diketahui, sebanyak 101 kepala daerah akan habis masa jabatannya pada tahun 2022. Dari data tersebut, sebanyak 49 kepala daerah masa jabatannya berakhir pada bulan Mei 2022. Lima di antaranya merupakan gubernur.

Mereka yakni, Gubenur Banten Wahidin Halim, Gubenur Gorontalo Rusli Habibie; Gubenur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan; Gubenur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar Anwar; Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Dari informasi yang dihimpun, Pj. Gubernur Banten akan dijabat oleh Sekretaris Daerah Banten Al Muktabar, Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung akan dijabat oleh Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin; Pj. Gubernur Sulawesi Barat akan dijabat oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik.

Lalu, Pj. Gubernur Gorontalo akan dijabat oleh Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga Hamka Hendra Noer dan Pj. Gubernur Papua Barat akan dijabat oleh Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Kemendagri Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Drs. Paulus Waterpauw.

Nantinya mereka diusulkan oleh mendagri kepada Presiden yang berasal dari ASN yang memiliki jabatan sebagai pejabat tinggi madya atau setara eselon I. Sementara itu, untuk bupati/walikota diusulkan oleh gubernur kepada mendagri yang berasal dari ASN yang memiliki jabatan sebagai pejabat tinggi pratama atau setara eselon II.

KEYWORD :

Mendagri Tito Karnavian Pj Gubernur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :