Jum'at, 26/04/2024 16:35 WIB

Sandiaga Uno: Selamat Tiga Desa Wisata di Sumut Masuk 50 Besar ADWI 2022

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno memberi ucapan selamat kepada tiga desa wisata di Sumut yang masuk 50 besar ADWI 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno memberi ucapan selamat kepada tiga desa wisata di Sumut yang masuk 50 besar ADWI 2022. Dia menilai kehadiran dewa wisata merupakan momentum kebangkitan ekonomi.
 
"Selamat kami ucapkan bagi desa wisata yang berhasil lolos menjadi 50 desa wisata terbaik," kata Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno melalui keterangan resminya.
 
Kemenparekraf  telah mengumumkan 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Tiga desa wisata di Sumatera Utara (Sumut) berhasil masuk dalam daftar desa terbaik itu.
 
Tiga desa itu yakni Desa Wisata Hilisimaetano di Kabupaten Nias Selatan, Desa Wisata Buluh Duri di Kabupaten Serdang Bedagai dan Desa Wisata Kampung Warna Warni Tigarihit di Kabupaten Simalungun.
 
Sandiaga menyampaikan terdapat 3.416 desa wisata dari 34 provinsi yang mendaftar untuk berpartisipasi pada ajang ADWI 2022. Tahun lalu hanya 1.831 desa wisata yang berpartisipasi dan tergabung dalam Jejaring Desa Wisata (Jadesta).
 
"Pada 2022, ada 3.416 desa wisata, ini merupakan semangat kebangkitan bagi kita semua. Selamat kepada 50 Besar ADWI yang telah berhasil lolos kurasi dari 500 besar, 300 besar dan 100 besar," ungkap Sandi.
 
Lolosnya tiga desa wisata di Sumut itu tentu menjadi angin segar bagi industri pariwisata berbasis desa. Sebab, Sandiaga Uno akan turun langsung untuk menilai dan mempromosikan desa-desa wisata tersebut.
 
Menparekraf Sandiaga mengatakan desa wisata yang masuk dalam 50 besar ADWI 2022 terbukti memiliki daya tarik wisata yang variatif, dari mulai wisata religi, ekowisata, bahari, budaya, agrowisata, dan lainnya.
 
"Kegiatan visitasi nanti bisa menjadi ajang promosi bagi desa wisata untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan meningkatkan omzet penjualan produk ekonomi kreatif, dimana peran pemerintah daerah juga sangat penting dalam memberikan stimulus sehingga menghadirkan para local champion dan meningkatkan kapasitas SDM. Sehingga menjadi best practice bagi desa-desa wisata lainnya," ujarnya.

 

KEYWORD :

Sandiaga Uno Menparekraf Tiga Desa Wisata Sumut Masuk 50 Besar ADWI 2022




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :