Minggu, 28/04/2024 03:02 WIB

Polda DKI Turunkan Personel Amankan Gereja Katedral

Humas Panitia Natal 2016 Gereja Katedral, Bernard Hidayat mengatakan, aparat keamanan akan melakukan sterilisasi kawasan Gereja Katedral Jakarta pada siang ini.

Ilustrasi pengamanan Katedral Jakarta.(foto:harnas)

JAKARTA - Persiapan jelang misa malam Natal di Gereja Katedral Jakarta terus dilakukan. Tak terkecuali terkait keamanan.

Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Polres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Polisi Suyatno mengatakan, jumlah personel keamanan yang diturunkan untuk mengamankan Gereja Katedral Jakarta sampai saat ini berjumlah 116 personel. Itu merupakan gabungan dari pihak kepolisian, TNI, dan aparat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Sampai saat ini data yang masuk 116 personel gabungan. Namun masih bisa (akan) bertambah," tutur Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Polres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Polisi Suyatno saat dikonfirmasi, Sabtu (24/12).

Sementara itu, Humas Panitia Natal 2016 Gereja Katedral, Bernard Hidayat mengatakan, aparat keamanan akan melakukan sterilisasi kawasan Gereja Katedral Jakarta pada siang ini.

Meski sterilisasi baru akan dilakukan siang nanti, sejumlah aparat kepolisian sudah berada di lokasi dan terlebih dahulu melakukan pengecekan. Satu unit mobil Gegana dari Polda Metro Jaya sudah berada di lokasi. Aparat kepolisian juga sudah berjaga di sebuah pos yang di dekat pintu masuk Gereja Katedral Jakarta.

Lebih lanjut dikatakan Bernard, sterilisasi biasanya dilakukan tiga jam sebelum misa dimulai. Pihak gereja sendiri akan mendampingi petugas kepolisian untuk berkeliling di kawasan gereja. Sterilisasi sendiri dimaksudkan guna memberikan keamanan dan kenyamanan umat Katolik yang akan beribadah.

"Sterilisasi akan dilaksanakan siang ini. Mereka (polisi) nanti siapkan peralatan dan sebagainya. Kemungkinan antara pukul 11.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Saya enggak tahu persisnya jam berapa," kata Bernad.

KEYWORD :

hari natal gereja katedral personel keamanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :