Minggu, 28/04/2024 02:14 WIB

BBM Langka di Kalsel, Penegak Hukum Diminta Turun Tangan

Fenomena kelangkaan bahan bakar minyak kendaraan bermotor terjadi berulang-ulang.

BBM langka

Banjarmasin - Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terjadi belakangan di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) harus mendapat perhatian aparat penegak hukum guna mengetahui penyebabnya. Pertamina juga harus menjelaskan secara transpran.

“Begitu pula, pihak Pertamina selaku pengelola bahan kebutuhan hajat orang banyak itu, harus pula menjelaskan secara transparan kepada masyarakat terkait terjadinya kelangkaan BBM hingga berdampak menyulitkan untuk memperoleh,” tutur Anggota Komisi III DPRD Kalimantan Selatan, H Fikri di Banjarmasin, Jumat (23/12)

Menurut anggota dewan yang juga membidangi pertambangan dan energi (termasuk BBM) itu, fenomena kelangkaan bahan bakar minyak kendaraan bermotor terjadi berulang-ulang. Khususnya menjelang akhir tahun atau tahun baru. "Sebagai pelindung masyarakat kepoliasin harus tanggap terhadap fenomena kelangkaan BBM tersebut," tegas Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kalsel menjawab wartawan di Banjarmasin.

Kelangkaan BBM yang sering terjadi itu, lanjutnya, apakah salah distribusi, minimnya persediaan atau ada unsur kesengajaan memanfaatkan situasi pada momen tertentu hingga menyusahkan masyarakat. "Terlebih kelangkaan BBM selalu terjadi di akhir-akhir tahun. Hal itu tentunya patut menjadi dipertanyakan dan harus dicari penyebabnya agar tidak merugikan masyarakat," lanjutnya.

Mengenai kemungkinan adanya kesengajaan, karena momen hari besar dan tahun baru banyak dana taktis yang harus dikeluarkan oleh perusahaan, utamanya bantuan tak resmi pada berbagai pihak, dia menegaskan, agar aparat hukum harus menyelidikinya. "Jika hal tersebut memang terjadi, itu adalah ranah aparat penegak hukum untuk menyelidiki, sehingga masyarakat tak menjadi susah dan resah, karena ulah pihak atau oknum tertentu," tandasnya.

Beberapa hari belakangan, BBM khususnya di Kota Banjarmasin, mengalami kelangkaan, hingga membuat kesulitan karena masyarakat harus antre panjang dan cukup lama untuk mendapatkannya.

Dari sejumlah jenis BBM untuk kendaraan bermotor yang terkadang kosong bervariasi pada Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) di Banjarmasin dan daerah sekitar. Terkadang premium dan kadang kala pertalite serta pertamax. Ant

KEYWORD :

BBM Langka BBM




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :