Selasa, 14/05/2024 18:07 WIB

Bangkitkan UMKM, Sandiaga Uno Bakal Hadirkan Fans Zone di Ajang Balap

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyempatkan diri menonton langsung ajang balap F1 di Melbourne saat melakukan kunjungan kerja ke Australia.

Menparekraf, Sandiaga Uno

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyempatkan diri menonton langsung ajang balap F1 di Melbourne saat melakukan kunjungan kerja ke Australia. 
 
Dalam kesempatan itu, Sandiaga secara khusus mengamati area penggemar atau fans zone. 
 
Sandiaga menilai area yang menjadi lokasi pertemuan antara pembalap dengan penggemar tersebut dapat diaplikasikan di Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat.
 
Dengan penerapan yang tepat, area penggemar dapat membantu penjualan produk ekonomi kreatif, hingga menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat.
 
"Kita lagi melihat di fans zone yang akan mengubah perhelatan," ujar Sandiaga.
 
Di area itu, Sandiaga juga memperhatikan peletakan sejumlah merek sponsor F1 Melbourne, termasuk kehadiran mobil listrik yang ramah lingkungan. Dia mengaku sudah mengamati desain di lokasi balap F1 Melbourne dan melihat adanya perpaduan, baik antara keberadaan merek otomotif besar dengan fans zone.
 
"Dibuat flow-nya berubah menjadi lebih luas, ada merek besar dan panggung di sini bisa terkelola dengan baik. Apalagi ini terhubung dengan shuttle (commuter) dan tempat parkir," kata Sandiaga.
 
Sandiaga optimis pola desain seperti yang dimaksud dapat dijalankan pada helatan balap otomotif di Indonesia, misalnya di MotoGP Mandalika.
 
Dengan pengelolaan yang tepat, maka perhelatan otomotif seperti F1 Melbourne ataupun MotoGP Mandalika dapat memberikan peluang untuk pengembangan UMKM dan membuka lapangan kerja.
 
Selain itu, Sandiaga juga menekankan pentingnya sosialisasi, edukasi, serta kesiapan infrastruktur umum dalam perhelatan wisata otomotif berstandar dunia seperti MotoGP dan F1.
 
"Pengelolaan yang penting dari segi trrafic dan manajemen kios-kios dan UMKM untuk pembukaan lapangan pekerjaan. Kalau kita lihat pengaturan di F1 ini sangat baik dengan didukung publik transportasi," kata Sandiaga.
KEYWORD :

Sandiaga Uno Menparekraf Bangkitkan UMKM Fans Zone di Ajang Balap




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :