Sabtu, 04/05/2024 17:03 WIB

Penyintas COVID-19 Berisiko Alami Penggumpalan Darah hingga Enam Bulan

Penelitian sebelumnya menunjukkan, COVID-19 meningkatkan risiko pembekuan darah, tetapi studi baru dalam jurnal medis BMJ menunjukkan berapa lama ancaman itu dapat bertahan.

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. Foto: Kemenkominfo

PARIS, Jurnas.com - Sebuah penelitian mengungkapkan, penyintas COVID-19 memiliki peningkatan risiko mengalami pembekuan darah serius hingga enam bulan setelah terinfeksi, bahkan dalam kasus ringan.

Penelitian sebelumnya menunjukkan, COVID-19 meningkatkan risiko pembekuan darah, tetapi studi baru dalam jurnal medis BMJ menunjukkan berapa lama ancaman itu dapat bertahan.

Dikutip dari AFP, untuk mengetahuinya, para peneliti membandingkan data dari lebih dari satu juta orang di registrasi nasional Swedia yang tertular COVID-19 dari Februari 2020 hingga Mei 2021, dengan kelompok kontrol lebih dari empat juta yang tidak dites positif.

Mereka menemukan bahwa mereka yang mengidap COVID-19 memiliki risiko lebih tinggi terkena emboli paru, gumpalan darah yang menyumbat arteri di paru-paru, hingga enam bulan setelah infeksi.

Ada juga peningkatan bahaya trombosis vena dalam - bekuan darah yang biasanya terjadi di kaki - hingga tiga bulan setelah tertular COVID-19.

Setelah menyesuaikan berbagai faktor, mereka menemukan peningkatan 33 kali lipat dalam risiko emboli paru bagi mereka yang memiliki COVID-19, serta peningkatan lima kali lipat untuk trombosis vena dalam.

Orang yang menderita gejala parah dari COVID-19 mereka yang memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya lebih berisiko, studi tersebut menemukan.

Tetapi bahkan orang yang memiliki kasus ringan yang tidak memerlukan rawat inap memiliki bahaya emboli paru dan trombosis vena dalam yang lebih tinggi.

Peluang pembekuan lebih tinggi selama gelombang pertama pandemi daripada tahap selanjutnya, yang menurut para peneliti disebabkan oleh cakupan vaksin dan perawatan yang lebih baik seiring berjalannya waktu.

Para peneliti mengatakan temuan mereka memiliki "implikasi kebijakan utama", menyerukan lebih banyak pengobatan untuk mencegah pembekuan darah berkembang, terutama dalam kasus berisiko tinggi.

Mereka juga menekankan bahwa hasil mereka menyoroti pentingnya mendapatkan vaksinasi.

Dalam tajuk rencana terkait, para peneliti dari Universitas Glasgow yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa hal itu "mengingatkan kita akan perlunya tetap waspada terhadap komplikasi yang terkait dengan infeksi SARS-CoV-2 yang ringan sekalipun".

KEYWORD :

Penyintas COVID-19 Pembekuan Darah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :