Minggu, 28/04/2024 03:59 WIB

Banjir Hingga 2 Meter Terjang Kota Bima

Ketinggian air dalam bencana banjir ini mencapai 2 meter di sejumlah wilayah Kota Bisa, seperti wilayah Lewirato, Sadia, Jati Wangi, Melayu, Pena Na`e.

Banjir_Kota_Bima

Bima - Bencana banjir menerjang hampir semua rumah di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, Rabu (21/12). Banjar yang terjadi sekitar pukul 14.00 WITA ini memaksa warga mengungsi ke tempat-tempat aman.

Tak hanya itu, para tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kota Bima turut dievakuasi akibat terendam air. Ketinggian air dalam bencana ini mencapai 2 meter di sejumlah wilayah Kota Bisa, seperti wilayah Lewirato, Sadia, Jati Wangi, Melayu, Pena Na`e.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB, Muhammad Rum mengatakan banjir ini tergolong parah karena hampir seluruh Kota Bima terendam. "Belum bisa kami pastikan berapa rumah yang terendam. Tetapi kira-kira ribuan," ujarnya.

Pihak Pemerintah, TNI, Polri, MDMC, dan sejumlah relawan masih berupaya melakukan evakuasi dan pengobatan bagi warga yang kuka-luka. "Kami menyiapkan sejumlah kebutuhan sementara. Seperti perahu evakuasi, tenda darurat, selimut, air bersih, makanan, obat-obatan, pakaian, dan lainnya," imbuh Rum.

Selain Kota Bima, banjir bandang juga menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Bima. Bahkan dari laporan yang diterima BPBD NTB, 25 rumah rusak berat. Di Desa Maria Utara 5 rumah hanyut, 3 unit rusak. Sedangkan di Desa Kambilo, masyarakat dievakuasi sebanyak 50 orang. Bahkan satu jembatan provinsi putus

KEYWORD :

Banjir Kota Bima




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :