Senin, 29/04/2024 11:39 WIB

Industri

Di Bawah Tiga Menit, TMMIN Lahirkan Satu Mobil Toyota

Ada yang menarik dalam kunjungan singkat para jurnalis otomotif ke pabrik Toyota di Karawang. Dalam proses produksi satu unit mobil, TMMIN membutuhkan waktu kurang dari tiga menit.

Proses Produksi Mobil Toyota / TMMIN

Karawang – Ada yang menarik dalam kunjungan singkat para jurnalis otomotif ke pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Senin (19/12).

Dalam proses produksi satu unit kendaraan, TMMIN hanya membutuhkan waktu kurang dari tiga menit. Proses pembuatan mobil di pabrik TMMIN sendiri terbagi dalam dua tempat terpisah yang masing-masing diberi nama Karawang plant 1 dan Karawang plant 2.

Khusus di Karawang Plant 1 proses lahirnya sebuah mobil Toyota dari tidak berwujud hingga menjadi sebuah mobil memerlukan 22 jam dengan masa takt time 1,6 menit, sedangkan di Karawang Plant 2 membutuhkan 27 jam dengan waktu 2,8 menit.

"Waktu 1,6 menit itu untuk proses produksi satu mobil Innova dan Fortuner di Karawang Plant 1, dan 2,8 menit di Karawang Plant 2 untuk membuat model satu unit Etios, Yaris, Vios, sama Sienta," kata Arif Mustofa, Division Head Press & Welding TMMIN di Karawang.

Menurut Arif, waktu tersebut adalah waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi satu model mobil Toyota. “Jadi masing-masing model hanya membutuhkan waktu kurang dari tiga menit,” pungkasnya

Lebih lanjut Arif juga menjelaskan bahwa faktor banyaknya permintaan dari konsumen bisa mempercepat proses produksi dari waktu yang telah ditentukan.

"Semakin banyak permintaan konsumen, makin cepat juga proses produksinya,” ujar Arif.

Adapun proses produksi dilakukan dalam beberapa fasilitas yang terdiri dari Press Shop (fasilitas pengepresan), Welding Shop (fasilitas pengelasan), Paint Shop (fasilitas pengecatan), Engine Shop (fasilitas menufaktur mesin) dan Assembly Shop (fasilitas perakitan). Di mana masing-masing shop pada proses produksi mobil Toyota di TMMIN memiliki keunggulan, teknologi baru, mengedepankan efisiensi dan ramah lingkungan.

Sebagian besar pembuatan mobil Toyota di PT TMMIN dilakukan di Karawang Plant 1 dan 2, sementara komponen lain diproduksi di Pabrik Sunter Plant 2, Jakarta Utara dan untuk produksi mesin ditempatkan khusus di Sunter Plant 1 serta di Karawang Plant 3. [yog]

 

 

 

KEYWORD :

TMMIN Pabrik Toyota Mobil Toyota




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :