Senin, 13/05/2024 02:55 WIB

Wamendag Pastikan Jelang Ramadhan Kebutuhan Pokok Tersedia

Mulai dari Bulog, pemerintah pusat dan pemerintah daerah turun ke pasar-pasar untuk memastikan ketersediaan stok jelang Ramadhan.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga (kedua kiri) didampingi Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan Ahmad Rizali (kedua kiri) saat meninjau ketersediaan barang kebutuhan pokok di Pasar KM 5 Palembang, Sumatera Selatan, Senin (28/3). (Foto Istimewa/Humas Kemendag)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan stok kebutuhan pokok tersedia menjelang Ramadhan berdasarkan hasil pemantauannya di pasar tradisional. Penegasan itu disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga setelah memantau ketersediaan kebutuhan pokok di Pasar KM5 Palembang, Senin.

“Mulai dari Bulog, pemerintah pusat dan pemerintah daerah turun ke pasar-pasar untuk memastikan ketersediaan stok jelang Ramadhan. Saya cek, tanya langsung ke pedagang, barang-barang yang dibutuhkan itu ada,” kata Jerry dalam keterangannya di terima di Jakarta, Senin (28/3).

Ia mengatakan pemerintah sangat menekankan ketersediaan stok kebutuhan pokok terutama minyak goreng, gula, cabai, bawang puting dan bawang merah pada satu pekan menjelang Ramadhan.

Berdasarkan pantauannya ke sejumlah pedagang di pasar tersebut, mayoritas mengatakan bahwa tidak kesulitan untuk mendapatkan barang dan komoditas tersebut. Selain itu, permintaan masyarakat terhadap barang kebutuhan pokok dinilai masih terkendali.

Walau demikian, ia tak membantah terdapat sejumlah kebutuhan pokok juga mengalami fluktuasi harga, akan tetapi dinilai masih dalam keadaan wajar. "Pemerintah berharap kondisi ini tetap terjaga hingga Ramadhan," kata dia.

Seperti harga telur ayam yang saat ini mulai bergerak naik menjadi Rp23.000 per kilogram, meski masih ada pedagang di pasar itu yang menjual dengan harga Rp21.000 per kilogram hingga Rp22.000 per kilogram. Baginya, kondisi ini masih relatif baik karena Ramadhan tinggal satu pekan lagi.

Termasuk untuk ketersediaan minyak goreng, yang menurutnya tidak terjadi kelangkaan baik untuk minyak goreng kemasan maupun minyak curah. “Minyak curah, saya cek ada yang jual Rp14.000 per kilogram adan Rp14.500 per kilogram. Kami berupaya mengingatkan pedagang agar sesuai aturan (HET Rp14.000 per kilogram),” kata dia.

Terkait minyak goreng, terpenting bagi pemerintah yakni stok tersedia walau sejumlah pedagang mengaku bahwa dijatahi oleh agen. “Jika masih dibatasi kami akan cek di ritel,” kata dia.

Selain memastikan stok kebutuhan pokok, pemerintah juga memastikan kelancaran distribusi. Sementara itu, sejumlah harga kebutuhan pokok di Pasar KM 5 mulai bergerak naik pada satu pekan menjelang Ramadhan.

KEYWORD :

Wamendag Ramadhan kebutuhan pokok




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :