Jum'at, 10/05/2024 11:49 WIB

Panja Vaksin DPR Terhambat Ego antar-Komisi, Irma: Cara Kuno Jangan Dipertahankan!

Ego sektoral antar komisi DPR

Irma Suryani Chaniago, Anggota Komisi IX DPR-RI dari Fraksi Nasdem

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Partai NasDem Irma Suryani Chaniago geram lantaran Komisi IV DPR RI menolak ketika Panitia Kerja (Panja) Vaksin Komisi IX DPR meminta agar mitra kerja Komisi VI (PT. Bio Farma, red) diundang untuk memberikan keterangan.

Irma geram karena koordinasi antar komisi DPR tidak saling dukung, sehingga panja vaksin komisi IX menjadi tidak maksimal.

"Kebiasaan buruk komisi komisi di DPR yg tdk saling mensupport satu sama lain akibat lebih mengedepankan ego sektoral membuat banyak panja tak maksimal bekerja," tandas Irma ketika diminta keterangan oleh media di Jakarta, Minggu (27/3/2022).

Contohnya, jelas Irma, dalam rangka mendalami dan memperoleh data yang akurat panja vaksin komisi IX mengajukan surat pada komisi VI terkait permohonan izin mengundang mitranya, namun ditolak oleh komisi VI DPR tanpa alasan yang masuk akal.

Menurut Irma, arogansi dalam mengedepankan ego sektoral seperti ini telah menghambat kerja panja-panja di parlemen.

Ia pun mengingatkan seharusnya komisi VI DPR tidak perlu takut, dengan menghalang-halangi mitranya untuk dimintai informasi terkait vaksin oleh PT. Bio Farma.

"Untuk apa khawatir? Toh kami hanya butuh transparansi informasi agar panja vaksin menghasilkan sesuatu yang maksimal untuk kepentingan bangsa dan negara," tukas Irma.

Irma menilai gara-gara seperti itu adalah praktik lama yang merugikan bangsa dan negara, sehingga kinerja Parlemen menjadi tidak maksimal.

"Praktik-praktik kuno seperti ini jangan terus dipertahankan hendaknya, karena ini merugikan parlemen, bangsa dan negara!" jelasnya.

Di sisi lain, Irma mengatakan Komisi IX selalu memberikan izin komisi lain untuk mengundang mitranya, sepanjang tidak bentrok dengan agenda Komisi IX.

"Pada kesempatan ini saya mohon pimpinan DPR untuk menertibkan agar komisi-komisi di Parlemen bisa merestorasi diri dengan meninggalkan ego sektoral demi kepentingan bangsa dan negara," tuntas Irma Suryani Chaniago.

KEYWORD :

Panja Vaksin Komisi IX DPR Irma Suryani Chaniago




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :