Sabtu, 04/05/2024 02:18 WIB

AS Peringatkan China agar Tak Bantu Rusia Hindari Sanksi

Negara-negara G7 akan segera mengumumkan tanggapan terpadu untuk memastikan Rusia tidak dapat menghindari sanksi Barat yang dikenakan atas invasinya ke Ukraina dengan bantuan China atau negara lain mana pun.

Penasihat keamanan nasional Amerika Serikat Jake Sullivan berbicara kepada media tentang situasi di Ukraina selama konferensi pers harian di Gedung Putih di Washington pada 11 Februari 2022. (Foto file: Reuters/Leah Millis)

WASHINGTON, Jurnas.com - Pemerintahan Biden memperingatkan Beijing untuk tidak mengambil keuntungan dari peluang bisnis yang diciptakan oleh sanksi, dengan membantu Moskow menghindari kontrol ekspor atau memproses transaksi keuangannya yang dilarang.

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih, Jake Sullivan mengatakan kepada wartawan, negara-negara G7 akan segera mengumumkan tanggapan terpadu untuk memastikan Rusia tidak dapat menghindari sanksi Barat yang dikenakan atas invasinya ke Ukraina dengan bantuan China atau negara lain mana pun.

Berbicara di atas Air Force One dalam perjalanan ke Brussel di mana Presiden Joe Biden akan menghadiri pertemuan darurat NATO, Sullivan mengatakan, "Itu tidak secara khusus tentang China, tetapi itu akan berlaku untuk setiap ekonomi yang signifikan dan keputusan yang diambil oleh ekonomi mana pun untuk dicoba, dengan cara yang disengaja dan aktif, untuk melemahkan atau melemahkan sanksi yang kami berikan."

Ia mengatakan pemerintah AS telah menyampaikan pesan ini ke China dan bahwa, "Kami mengharapkan komunikasi serupa oleh Uni Eropa dan masing-masing negara Eropa."

Setelah Biden melakukan panggilan video dengan Presiden China Xi Jinping pekan lalu, Beijing mengutuk sanksi terhadap Rusia. Dikatakan "sanksi yang menyapu dan tidak pandang bulu hanya akan membuat rakyat menderita" dan tidak boleh "lebih meningkat".

Pembatasan ekspor AS dimaksudkan untuk memblokir akses Rusia ke barang-barang penting seperti elektronik komersial, komputer, dan suku cadang pesawat.

Washington khawatir bahwa China dapat membantu Rusia "mengisi ulang" dan mengakses produk-produk ini dengan melanggar pembatasan perdagangan. Pemerintah AS memiliki alat untuk memastikan itu tidak terjadi, Sullivan menambahkan.

Sekretaris Perdagangan Gina Raimondo mengatakan kepada Reuters pada hari Rabu bahwa Amerika Serikat (AS) akan menghukum setiap perusahaan yang melanggar kontrol ekspor barang-barang seperti semikonduktor.

Dalam hal pembayaran, Sullivan mengatakan, AS dan sekutu G7-nya akan menanggapi "upaya sistematis, upaya skala industri untuk mencoba mengarahkan kembali penyelesaian pembayaran keuangan."

China tidak mengutuk tindakan Rusia di Ukraina, meskipun telah menyatakan keprihatinan yang mendalam tentang perang.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

China Invasi Rusia Amerika Serikat Joe Biden Jake Sullivan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :