Sabtu, 04/05/2024 07:15 WIB

UEFA Izinkan Penggunaan Pemain Asal Klub Rusia atau Ukraina

UEFA mengizinkan klub-klub Eropa untuk mendaftarkan dua pemain asing, termasuk yang berasal dari klub Rusia maupun Ukraina, untuk kompetisi-kompetisi UEFA

Logo UEFA (foto: Google)

London, Jurnas.com - UEFA mengizinkan klub-klub Eropa untuk mendaftarkan dua pemain asing, termasuk yang berasal dari klub Rusia maupun Ukraina, untuk kompetisi-kompetisi UEFA.

Dikutip dari Goal pada Selasa (22/3), UEFA menetapkan batas waktu 1 April bagi klub Eropa untuk mendapaftarkan pemain asing baru.

Perubahan itu terjadi setelah FIFA menangguhkan kontrak pemain asing di klub Ukraina dan Rusia, untuk sisa musim 2021-2022.

Setiap pemain yang diambil oleh tim lain di seluruh Eropa sekarang dapat ditambahkan ke skuad Liga Champions, Liga Europa, atau Liga Konferensi Eropa.

"Komite Eksekutif UEFA hari ini memutuskan untuk mengubah peraturan Liga Champions UEFA 2021/22, Liga Eropa UEFA 2021/22 dan peraturan Liga Konferensi Eropa UEFA 2021/22, dan mengizinkan klub untuk mendaftarkan maksimal dua pemain baru yang memenuhi syarat untuk sisa pertandingan di kompetisi saat ini paling lambat 1 April 2022," kata UEFA.

"Selanjutnya, Komite Eksekutif UEFA menyetujui amandemen serupa pada peraturan Liga Champions Wanita UEFA 2021/22, untuk memungkinkan klub mendaftarkan maksimal dua pemain baru yang memenuhi syarat untuk sisa pertandingan dalam kompetisi saat ini sebelum 7 April 2022 (24:00 CET), sejalan dengan Peraturan FIFA tentang Status dan Transfer Pemain," lanjutnya.

Lanjutan pernyataan itu berbunyi, "Dalam hal ini, Komite Eksekutif UEFA memutuskan untuk memasukkan ketentuan yang mengizinkan klub untuk mendaftarkan maksimal dua pemain tambahan, yang sebelumnya terdaftar di klub yang berafiliasi dengan UAF atau FUR dan yang kontraknya telah ditangguhkan di sesuai dengan Lampiran 7 dari RSTP FIFA."

"Agar memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam kompetisi UEFA yang disebutkan di atas, setiap pemain baru tersebut harus, antara lain, terdaftar di asosiasi nasional sebagai pemain untuk klub yang bersangkutan sesuai dengan aturan asosiasi sendiri dan FIFA."

Perubahan peraturan datang sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina. Selain penangguhan kontrak pemain asing, klub Rusia juga telah dikeluarkan dari kompetisi UEFA, sementara tim nasional Rusia diskorsing FIFA.

Negara tersebut mengajukan banding terhadap penangguhan dari babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 bulan ini, tetapi Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga (CAS) menolak permohonan mereka.

Rusia dijadwalkan bermain melawan Polandia di babak play-off, tetapi Polandia akan melaju ke final setelah semifinal dibatalkan. FIFA baru-baru ini mengirimkan bantuan kemanusiaan dan berjanji akan mendonasikan US$1 juta untuk mendukung Ukraina.

KEYWORD :

UEFA Pemain Asing Rusia Ukraina Kompetisi Eropa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :