Senin, 29/04/2024 11:14 WIB

Asian Games 2018

Menko PMK Gelorakan Semangat Gotong Royong

Pemerintah menilai, kesuksesan Asian Games, termasuk prestasi yang diraih para atlet, tentu akan membawa keuntungan ekonomi bagi rakyat.

Menko PMK Puan Maharani berfoto bersama sejumlah pejabat dan tokoh di sela-sela acara pembukaan The 5th Coordination Committe Meeting OCA (Olympic Council of Asia) dan INASGOC yang digelar dalam rangk

Jakarta - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengajak segenap pihak untuk gotong royong mensukseskan perhelatan Asian Games XVIII 2018. Pemerintah menilai, kesuksesan Asian Games, termasuk prestasi yang diraih para atlet, tentu akan membawa keuntungan ekonomi bagi rakyat.

Asian Games XVIII adalah pesta olahraga internasional dan menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia yang telah ditunjuk sebagai penyelenggara. Untuk itu, kesuksesan penyelenggaraan Asian Games XVIII merupakan kerja bersama segenap pihak antara pemerintah, masyarakat, dan didukung oleh KOI dan INASGOC. Marilah kita bergotong royong melakukan yang terbaik untuk memastikan berbagai langkah dan upaya persiapan dapat berjalan lancar," ujar Menko PMK Puan Maharani saat memberikan sambutan pada acara pembukaan "The 5th Coordination Committe Meeting OCA (Olympic Council of Asia)" dan "INASGOC" guna persiapan penyelenggaraan Asian Games XVIII 2018 di Jakarta-Palembang, di Jakarta, Rabu (14/12).

Puan menegaskan, pemerintah Indonesia tengah serius melaksanakan berbagai persiapan terutama penyiapan infrastruktur menghadapi pelaksanaan Asian Games XVIII 2018. Pemerintah menilai, kesuksesan Asian Games, termasuk prestasi yang diraih para atlet, tentu akan membawa keuntungan ekonomi bagi rakyat. Keseriusan pembangunan infrastruktur itu, antara lain dengan renovasi tempat bertanding di kawasan Gelora Bung Karno yang mulai dikerjakan sejak Agustus 2016 dan diharapkan selesai pada Oktober 2017. Sementara, penataan venue di Palembang diproyeksikan selesai pada Desember 2017. Selain di kawasan Gelora Bung Karno, saat ini juga dibangun equestrian (lapangan berkuda) yang ditargetkan selesai pada Desember 2017 dan velodrome yang akan diselesaikan pada Juni 2018.

Menko PMK menjelaskan, selain pembangunan dan renovasi berbagai lapangan pertandingan, infrastruktur pendukung lain juga disiapkan secara paralel, seperti wisma atlet di Kemayoran, yang ditargetkan topping off tower pada 30 Desember 2016. Wisma atlet itu ditargetkan selesai secara keseluruhan pada Juni 2017. Di Palembang, telah diselesaikan 3 tower wisma atlet Jakabaring pada 2015, selanjutnya menyusul 2 tower yang saat ini masih dalam proses konstruksi. Pembangunan itu ditargetkan selesai pada Desember 2016.

Untuk menunjang kelancaran mobilitas para atlet, tim ofisial, dan masyarakat yang hendak menonton, maka dibangun The Jakarta Light Rail Transit (Jakarta LRT) koridor Kelapa Gading, yang akan diselesaikan sebelum pelaksanaan Asian Games XVIII.

Menko PMK juga menyampaikan apresiasi kepada OCA atas kerja sama, dukungan, dan pendampingan selama ini hingga saat pelaksanaan Asian Games XVIII 2018 nanti.“Kepada seluruh panitia, baik di tingkat nasional maupun daerah, serta seluruh pihak terkait, mengingat penyelenggaraan Asian Games XVIII yang semakin dekat, diharapak bisa bekerja sama dengan cermat dan disiplin, sehingga semua target dapat dicapai dengan optimal,” tegas Menko PMK. Advertorial

KEYWORD :

Asian Games 2018 KOI Asian Games




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :