Jum'at, 26/04/2024 16:53 WIB

Sahroni: Komitmen Kapolri Persatukan Bangsa Luar Biasa

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni mengapresiasi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang merekrut santri dan warga penduduk asli Papua menjadi anggota Polri.

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni mengapresiasi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang merekrut santri dan warga penduduk asli Papua menjadi anggota Polri.
 
Apresiasi tersebut disampaikan Sahroni usai memimpin rapat kerja (Raker) Komisi III DPR dengan Kapolri beserta jajarannya dengan agenda pemaparan berbagai kinerja dan capaian 2021 serta program prioritas Polri Tahun 2022., di Gedung DPR, Jakarta, Senin (24/1).
 
Adapun salah satu bahasan yang menjadi perhatian Komisi III adalah mengenai perekrutan berbagai kelompok masyarakat oleh Polri, termasuk di antaranya 83 bintara dari kelompok santri, 410 personel yang berasal dari suku pedalaman, 3.500 personel dari orang asli Papua dan 21 personel berkebutuhan khusus menjadi PNS Polri. Menurut Sahroni, ini menunjukkan inklusifitas yang makin berkembang di tubuh Polri. 
 
“Luar biasa sekali, ini adalah wujud inklusifitas di tubuh Polri. Dengan program rekrutmen yang proaktif ini, kepolisian menunjukkan bahwa lembaganya adalah institusi yang mengayomi, tidak eksklusif, dan merangkul berbagai kalangan,” ujar Sahroni.
 
Tak hanya membahas terkait rekrutmen dari kelompok tertentu, Sahroni juga menyoroti terkait isu kesetaraan gender di tubuh Polri. Sebelumnya, Kapolri menyebut bahwa pihaknya ingin terus menambah personel polwan di kepolisian, dan menempatkan mereka di jabatan-jabatan strategis.
 
“Selain itu terkait kesetaraan gender, memang seperti yang kita tahu, komposisi Polwan terhadap polisi pria masih sangat timpang di kepolisian, tapi saya sangat mengapresiasi Pak Kapolri yang berkomitmen untuk terus meningkatkan keterwakilan perempuan,” katanya.
 
“Hal ini karena memang banyak kasus-kasus di mana peran polwan sangat dibutuhkan. Misalnya dalam penanganan kasus KDRT. Jadi terima kasih Pak Kapolri telah memberikan perhatian atas hal ini,” demikian Sahroni.
KEYWORD :

Ahmad Sahroni Komisi III DPR Kapolri Listyo Sigit Santri jadi Anggota Polri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :