Selasa, 07/05/2024 00:20 WIB

Ganjar Pranowo Tekankan Kolaborasi Kerjakan Jalur Ganda Solo-Kalioso

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pembangunan jalur ganda kereta api Solo-Kalioso di Simpang Joglo, Solo bukan tanggungjawab satu pihak.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

Jakarta, Jurnas.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pembangunan jalur ganda kereta api Solo-Kalioso di Simpang Joglo, Solo bukan tanggungjawab satu pihak.
 
Dia mengatakan proyek ini merupakan pekerjaan yang digarap bersama antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan kota. 
 
“Pak Menteri (Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi), ini untuk kesekian kali teamwork diuji mengerjakan proyek antar-layar,” ujar Ganjar dalam acara peletakan batu pertama jalur ganda kereta api secara virtual, Sabtu (8/1).
 
Ganjar menilai proyek lintas instansi tersebut memiliki tantangan yang besar. Sehingga, pemerintah provinsi melibatkan berbagai pihak, termasuk Polri, TNI, dan kejaksaan, untuk mempercepat proses pembangunan.
 
Meski demikian, Ganjar meyakini proyek akan selesai tepat waktu. Dia mencontohkan proyek-proyek infrastruktur di Jawa Tengah yang sudah berhasil dikerjakan bersama antara pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.
 
“Dengan Kementerian Perhubungan, empat bandara selesai. Bandara Ahmad Yani, Bandara Purbalingga, Bandara Blora, tinggal sedikit lagi Bandara Karimun Jawa,” katanya.
 
Jalur ganda yang direncanakan membentang sepanjang 10 kilometer itu dibangun mulai Sabtu, 8 Januari 2021. Jalur ganda rel kereta api Solo Kalioso dibangun oleh Kementerian Perhubungan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR. 
 
Jalur ini juga akan mendorong peningkatan headway atau waktu tunggu dari 26 menit menjadi 20 menit. Sedangkan dari sisi jalan raya, keberadaan jalur ganda kereta akan mengurai kemacetan.
KEYWORD :

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Jalur Ganda Solo Kalioso




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :