Minggu, 28/04/2024 12:27 WIB

Vaksin Pfizer Sebabkan Efek Samping pada Anak-Anak 5-11 Tahun

Data menunjukkan bahwa setelah dosis kedua vaksin, beberapa anak melaporkan nyeri di tempat suntikan dan reaksi sistemik lainnya seperti kelelahan dan sakit kepala.

Vaksinasi anak. (Corinna Kern/Reuters)

Washingotn, Jurnas.com - Vaksin COVID-19 Pfizer dan BioNTech sebagian besar menyebabkan efek samping ringan pada anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun. Demikian menurut data yang diterbitkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS), Kamis (30/12).

Dikutip dari Reuters, data menunjukkan bahwa setelah dosis kedua vaksin, beberapa anak melaporkan nyeri di tempat suntikan dan reaksi sistemik lainnya seperti kelelahan dan sakit kepala.

CDC juga mengatakan menerima laporan 11 kasus miokarditis, sejenis peradangan jantung, pada anak-anak berusia 5-11 tahun yang telah menerima vaksin. Dari mereka, tujuh telah pulih, dan empat dalam pemulihan pada saat laporan.

Miokarditis adalah efek samping yang jarang terjadi setelah vaksin mRNA.

Sistem Pelaporan Kejadian Buruk Vaksin AS (VAERS) menerima 4.249 laporan efek samping, di mana 97,6 persen di antaranya tidak serius, kata laporan CDC.

Kasus-kasus tersebut dilaporkan di VAERS dan v-safe, sistem pengawasan keamanan berbasis smartphone sukarela untuk efek samping setelah vaksinasi COVID-19, antara 3 November dan 19 Desember.

Badan tersebut mengatakan sekitar 8,7 juta dosis vaksin Pfizer telah diberikan kepada anak-anak dalam kelompok usia tersebut.

Vaksin tersebut disahkan di AS untuk anak berusia 5 hingga 15 tahun pada akhir Oktober dan merupakan satu-satunya suntikan yang diizinkan untuk kelompok usia tersebut.

Sebuah studi terpisah oleh CDC menunjukkan bahwa vaksin dua dosis Pfizer adalah 92 persen efektif melawan infeksi virus corona pada remaja berusia 12 hingga 17 tahun.

"Periode pengamatan untuk analisis bertepatan dengan periode dominasi varian Delta di AS," kata CDC.

KEYWORD :

Efek Samping Pfizer CDC Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :