Kamis, 25/04/2024 12:45 WIB

Muktamar Satker Ulama Akan Rekomendasikan Penetapan Airlangga Hartarto Sebagai Capres 2024

Muktamar pada tanggal 16-18 Desember di Kantor DPP Golkar dan insyaAllah dibuka secara resmi oleh Ketum Golkar Bapak Airlangga Hartarto. Jumlah peserta Satker dari DPD I dari 33 Propinsi karena ada satu yang belum ada, Kaltara.

Ketua Satker Ulama Golkar, Ali Yahya. (Foto: Dok. Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Satker Ulama Partai Golkar akan menggelar Muktamar 2021 di Kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Jakarta, 16 sampai 18 Desember 2021 mendatang. Rencananya, Muktamar ini akan dibuka langsung oleh Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto.

"Muktamar pada tanggal 16-18 Desember di Kantor DPP Golkar dan insyaAllah dibuka secara resmi oleh Ketum Golkar Bapak Airlangga Hartarto. Jumlah peserta Satker dari DPD I dari 33 Propinsi karena ada satu yang belum ada, Kaltara," kata Ketua Satker Ulama Golkar, Ali Yahya dalam keterangan resmi, Kamis (9/12).

Hal yang sama diutarakannya usai rapat persiapan Muktamar di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, kemarin.

Ali Yahya menyebutkan, Satker Ulama Golkar Kaltara belum terbentuk karena Kaltara merupakan propinsi baru. Dan, karena Satker Ulama Golkar merupakan organisasi yang dibentuk atau menginduk ke Golkar, secara kelembagaan pembentukannya harus sesuai dengan garis kebijakan DPD I Golkar setempat.

"Jadi tergantung DPD Golkar Kaltara-nya untuk membentuk. Kita harapkan setelah muktamar ini, DPD Satker Ulama di Kaltara terbentuk," terang dia.

Secara umum, ungkap dia, Muktamar Satker Ulama Golkar mengagendakan beberapa hal. Pertama, sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), Muktamar akan meminta laporan pertanggungjawaban pengurus. Kedua, menetapkan dan atau mengubah AD/ART, ketika merumuskan program umum dan keempat menyampaikan pernyataan sikap.

Pernyataan sikap ini bisa dilakukan untuk internal Satker dan Golkar secara umum, dan bisa juga ditujukan kepada Pemerintah. Terakhir, yaitu memberikan rekomendasi, dimana salah satu poinnya sesuai kesepakatan bersama mendesak DPP Golkar untuk menetapkan Ketum Golkar Airlangga Hartarto sebagai Calon Presiden 2024.

"Kita mendesak DPP Golkar dan kepada DPD Golkar se-Indonesia untuk menetapkan Bapak Airlangga Hartarto sebagai calon presiden. Karena sekarang kan belum ditetapkan, itu salah satu rekomendasinya," terang Ali Yahya.

Ia menambahkan, Muktamar Satker Ulama Golkar juga akan membahas sejumlah isu strategis keagamaan. Tri Kerukunan umat beragama yang juga menjadi program empat pilar MPR RI menjadi salah satu bahasannya.

Kemudian sesuai dengan semangat dan visi Satker Ulama Golkar, turut dibahas bagaimana program-program kerja untuk menyatukan Umaro dan Ulama. Disebutkan bagaimana bahwa di dunia ini dua kelompok manusia apabila ini tidak akur, maka rusak semuanya. Tapi kalau baik dua-duanya pasti manusianya akan baik.

Rapat persiapan muktamar sendiri digelar di Ruang Fraksi MPR RI Fraksi Golkar. Sejumlah pengurus DPP Golkar yang mendapatkan amanah duduk di Fraksi MPR turut mengikuti rapat tersebut. Diantaranya Ketua Fraksi Golkar MPR RI Idris Laena dan Bendahara Fraksi Mujib Rohmat.

KEYWORD :

Muktamar Satker Ulama Golkar Airlangga Hartarto Ali Yahya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :