Kamis, 09/05/2024 14:41 WIB

Kementan Salurkan Bantuan ke Petani Terdampak Erupsi Semeru

Kementerian Pertanian (Kementan), dan Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten Lumajang akan membuat format penanganan bersama.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat berbincang dengan korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: Humas Kementan)

LUMAJANG, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menyemangati sejumlah penduduk yang selamat dan mengungsi di Balai Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Bencana ini merupakan bagian dari kehidupan. Oleh karena itu, harus diterima sebagai cobaan dan tantangan yang diberikan Allah SWT," kata Syahrul saat menyerahkan bantuan pertanian bagi peternak terdampak erupsi Gunung Semeru, Selasa (7/12).

Peristiwa ini, menurut Syahrul akan membuat masyarakat lebih bersatu, dan menyayangi bukan hanya antar sesama tapi juga menyayangi alam, hewan dan tumbuhan.

Syahrul juga mengatakan, Kementerian Pertanian (Kementan), dan Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten Lumajang akan membuat format penanganan bersama.

"Untuk hewan ternak yang berhasil diselamatkan, sementara akan diungsiakan dalam satu tempat secara berkelompok agar keamanannya terjaga. Selanjutnya dikembalikan kepada pemiliknya," imbuh Syahrul.

Selanjutnya, Syahrul mengingatkan untuk mendata semua hewan ternak, baik yang mati maupun yang selamat. "Yang lebih penting, harus dijamin keamanannya di pengungsian ini," tegasnya.

Salah satu peternak sapi, Nur Hasan yang sapinya berada di pengungsian merasa bersyukur hewan ternaknya bisa diselamatkan. "Terima kasih Pak Mentan, sapi kami sudah ada di pengungsian dan sudah mendapatkan pakan. Tiga hari kemarin kami kesulitan mendapatkan pakan," ungkapnya.

Adapun bantuan yang diberikan Mentan kepada peternak dan petani yang terdampak berupa benih jagung, benih padi, bibit kopi arabika untuk luasan 847 hektar. Bantuan ternak berupa sapi dan kambing sejumlah 174 ekor, serta rumput, pakan ternak, konsentrat dan obat-obatan.

Selain itu, masyarakat terdampak mendapatkan bantuan berupa traktor roda empat, traktor roda dua dan hand sprayer.

KEYWORD :

Bantuan Kementan Syahrul Yasin Limpo Erupsi Semeru




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :