Senin, 06/05/2024 12:44 WIB

Kanker Renggut Nyawa Desainer LV Virgil Abloh

Abloh yang juga bekerja sebagai DJ dan seniman visual, merupakan direktur artistik pria untuk Louis Vuitton sejak Maret 2018 silam.

Desainer Louis Vuitton, Virgil Abloh, meninggal dunia (Foto: Reuters)

Paris, Jurnas.com - Virgil Abloh, putra imigran Ghana kelahiran Amerika yang menjadi perancang busana kulit hitam paling terkenal di balik koleksi pakaian pria Louis Vuitton, meninggal dunia pada Senin (29/11) di usia 41 tahun, setelah dua tahun berjuang melawan kanker.

Abloh yang juga bekerja sebagai DJ dan seniman visual, merupakan direktur artistik pria untuk Louis Vuitton sejak Maret 2018 silam.

Abloh mendirikan label pakaian jalanan mewah Italia, Off-White, di mana LVMH mengambil 60 persen saham awal tahun ini.

"Virgil bukan hanya seorang desainer jenius, seorang visioner, dia juga seorang pria dengan jiwa yang indah dan kebijaksanaan yang luar biasa," kata Bernard Arnault, bos Luis Vuitton dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters.

Lahir pada 1980 silam di dekat Chicago, Abloh dan saudara perempuannya dibesarkan di Rockford, Illinois. Menurut profil majalah Vogue 2018, ibunya Eunice Abloh, seorang penjahit, mengajarinya dasar-dasar kerajinan di usia muda.

Setelah lulus dari University of Wisconsin-Madison, ia menyelesaikan gelar master arsitektur dari Illinois Institute of Technology. Abloh dan Ye (Kanye West, Red) sempat melakoni magang di Fendi, Roma, dan berkiprah di Paris Fashion Week.

Pada 2010 lalu, Abloh bekerja sebagai direktur kreatif untuk agensi kreatif Ye, Donda. Dia juga mendesain sampul album untuk `Yeezus` dan `My Beautiful Dark Twisted Fantasy` milik Ye.

Kedatangannya di LV pada 2018 menandai pernikahan antara streetwear dan fashion kelas atas, memadukan sepatu kets dan celana kamuflase dengan setelan jas dan gaun malam yang disesuaikan. Pengaruhnya termasuk seni grafiti, hip hop dan budaya skateboard.

Abloh meninggalkan istrinya, Sannon, anak-anaknya Lowe dan Grey, saudara perempuannya, Edwina, dan orang tuanya, Nee dan Eunice. Menurut The New York Times, Abloh meninggal di Chicago.

"Selama lebih dari dua tahun, Virgil dengan gagah berani berjuang melawan kanker langka yang agresif, angiosarcoma jantung," kata sebuah pesan yang diposting ke akun Instagram-nya.

"Dia memilih untuk menanggung pertempurannya secara pribadi sejak diagnosisnya pada 2019, menjalani berbagai perawatan yang menantang, sambil memimpin beberapa institusi penting yang mencakup mode, seni, dan budaya," tutupnya.

KEYWORD :

Virgil Abloh Desainer LV Louis Vuitton Fesyen Terkenal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :