Jum'at, 10/05/2024 08:49 WIB

Australia Kembalikan 500.000 Dosis Vaksin COVID-19 Pfizer ke Singapura

Berdasarkan perjanjian tersebut, Singapura mengirim sekitar 500.000 dosis vaksin mRNA ke Australia pada 2 September untuk membantu mempercepat peluncuran vaksinasi Australia.

Seorang petugas kesehatan menyiapkan dosis vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech di Tanjong Pagar Community Center pada 27 Januari 2021. (Foto: Jeremy Long)

SINGAPURA, Jurnas.com - Australia mengembalikan sekitar 500.000 dosis vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 ke Singapura pada Kamis (18/11) sebagai bagian dari "program berbagi" yang disepakati pada Agustus.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Singapura mengirim sekitar 500.000 dosis vaksin mRNA ke Australia pada 2 September untuk membantu mempercepat peluncuran vaksinasi Australia.

"Dosis yang dikembalikan dari Australia akan mendukung program berkelanjutan Singapura untuk memberikan vaksinasi booster COVID-19 kepada segmen populasi kami yang memenuhi syarat," kata Kementerian Luar Negeri Singapura (MFA) dalam sebuah pernyataan pers.

"Pengaturan pembagian dosis ini merupakan bukti hubungan kuat antara Singapura dan Australia, yang didukung oleh Kemitraan Strategis Komprehensif kami," sambungnya.

MFA mengatakan pejabat kesehatan dan urusan luar negeri dari kedua negara bekerja "dekat" untuk mengimplementasikan pengaturan tersebut.

"Selama pandemi, kedua negara juga telah berbagi praktik terbaik untuk memerangi COVID-19, bekerja sama untuk menjaga pasar tetap terbuka dan memastikan konektivitas rantai pasokan, dan bekerja sama untuk melanjutkan perjalanan bebas karantina dua arah," tambah MFA.

Ketika kesepakatan itu diumumkan pada 31 Agustus, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengatakan jumlah vaksin yang sama akan dikembalikan pada bulan Desember.

Di Melbourne, pub dan kafe dapat memiliki pelanggan tanpa batas mulai Kamis malam, sementara stadion dapat kembali ke kapasitas penuh karena pihak berwenang mencabut hampir semua pembatasan COVID-19 yang tersisa untuk penduduk yang divaksinasi di kota terbesar kedua di Australia.

Victoria, negara bagian yang merupakan rumah bagi Melbourne, secara bertahap melonggarkan pembatasan karena semakin banyak orang yang disuntik. Tingkat vaksinasi penuh untuk populasi yang memenuhi syarat diharapkan mencapai 90 persen selama akhir pekan.

New South Wales, yang meliputi Sydney, mencatat 262 kasus pada hari Kamis dan Victoria 1.007 infeksi baru, sedangkan Wilayah Ibu Kota Australia melaporkan 25. Lima belas kematian terdaftar. (Channel News Asia)

KEYWORD :

Australia Vaksin COVID-19 Pfizer Singapura




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :