Kamis, 02/05/2024 09:12 WIB

Asian Games 2018

Panjat Tebing Siap Sukseskan Asian Games 2018

Riza optimistis kontingen panjat tebing Indonesia mampu  mengatasi lawan-lawan kuat dari negara lain di Asian Games 2018.

Cabang Panjat Tebing diyakini akan mendulang prestasi Asian Games

Jakarta - Federasi Panjang Tebing Indonesia (FPTI) siap menyukseskan Merah Putih saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Selain mengincar banyak medali emas pada pesta olahraga akbar se-Asia tersebut, FPTI juga terus mempersiapkan perangkat pertandingan yang qualified agar penyelenggaraan cabang olahraga ini berlangsung lancar dan memuaskan kontingen dari negara lain.
 
FPTI sudah mengusulkan untuk melombakan 12 nomor pada Asian Games 2018. Dari 12 nomor tersebut, diharapkan minimal enam medali emas dapat diraih kontingen Merah Putih.
 
"Kita ingin meraih banyak emas agar membantu kontingen Indonesia secara keseluruhan meraih sukses prestasi di Asian Games 2018. Perhelatan Asian Games nanti sekaligus menjadi tolak ukur bagi kami menghadapi Olimpiade 2020 di Jepang," kata Ketua Umum PFTI, Faisol Riza di Jakarta, Kamis (1/2/2016).
 
Riza optimistis kontingen panjat tebing Indonesia mampu  mengatasi lawan-lawan kuat dari negara lain di Asian Games 2018. Termasuk dari negara-negara belahan Asia Timur seperti Korea Selatan dan China yang selama ini menjadi rival berat.
 
Cabang panjat tebing akan dilombakan pada Asian Games 18 Agustus - 2 September 2018 di Palembang sebagai kota penyelenggara bersama Jakarta. Selain panjat tebing, Palembang juga menggelar cabang Sepakbola untuk babak penyisihan, Kano/Kayak, Bola Voli untuk babak penyisihan, Dayung, Menembak, Triatlon, Bola basket untuk babak penyisihan, Sepak Takraw, Tenis untuk babak penyisihan, dan Soft-tenis untuk babak penyisihan.

Guna mematangkan persiapan atlet panjat tebing menghadapi Asian Games 20187, lanjut Riza, FPTI akan mengirimkan atlet-atlet terbaiknya ke berbagai even internasional pada 2017. Juga menggelar berbagai even skala nasional untuk menjaring bibit atlet muda potensial yang bisa dibina dan diproyeksikan menjadi atlet andalan masa depan.
 
Selain persiapan atlet, FPTI juga terus menggembelng juri dan pembuat jalur cabang panjat tebing yang akan menjadi perangkat pertandingan saat Asian Games 2018. Belum lama ini, puluhan juri dan pembuat jalur sudah dibina lewat kursus dan pelatihan dengan mendatangkan dua instruktur berlisensi IFSC (International Federation of Sport Climbing), Francis Lo dari Singapura sebagai instruktur untuk juri (judge) dan Hiroshi Okano dari Jepang sebagai instruktur untuk pembuat jalur (route setter).
 
Sebelum menjadi perangkat pertandingan Asian Games 2018, juri dan pembuat jalur yang sudah dibina, akan diasah kemampuannya lewat ajang nasional seperti kejuaraan nasional (kejurnas) dan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS). Dengan demikian, mereka sudah terbiasa dan mahir saat menjadi perangkat pertandingan Asian Games 2018. (Advertorial)

KEYWORD :

Asian Games Panjat Tebing




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :