Jum'at, 03/05/2024 17:18 WIB

Asian Games 2018

Kawasan GBK Digagas Jadi Museum Olahraga

Stadion kebanggan Indonesia ini akan memang telah menjadi saksi sejarah kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 1962.

Logo Kemenpora

Jakarta - Setelah melakukan kunjungan kerja ke Spanyol, Menpora Imam Nahrawi berinisiatif untuk menjadikan kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, di antaranya sebagai Museum Olahraga Asian Games. Gagasan tersebut menjadi salah satu tindak lanjut konkrit kunjungan Menpora bersama rombongan ke Negeri Matador.

“Menpora mengambil inisiatif untuk menjadikan kawasan Stadion Utama Senayan di antaranya sebagai museum olahraga Asian Games, sebagaimana kawasan lorong di Stadion Neu Camp di Barcelona dan Stadion San Bernabeau di Madrid juga dimanfaatkan untuk tujuan komersial wisata juga,” ujar Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Gatot S Dewa Broto dalam siaran persnya, Kamis (1/12), usai mendampingi Menpora Imam Nahrawi melakukan Perjalanan dinas ke Spanyol.

Menjadikan kawasan Stadion Utama GBK sebagai Museum Asian Games memang bukan mengada-ngada. Stadion kebanggan Indonesia ini akan memang telah menjadi saksi sejarah kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 1962. Saat ini, GBK juga sedang dipercantik karena akan kembali menjadi tempat utama saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Dengan menghadirkan Museum Asian Games, peristiwa dan nilai-nilai sejarah olahraga Indonesia saat menjadi tuan rumah Asian Games akan terpelihara dan menarik wisatawan.

Olympic Area beserta Museum Olimpiade  Barcelona juga pantas dijadikan rujukan. Sebab, tempat tersebut telah menjadi salah satu destinasi wisata yang popular di Barcelona,  karena seluruh pengunjung dimungkinkan untuk berwisata keliling area stadion melihat seluruh dokumen penyelenggaraan Olimpiade tahun 1992 dan seluruh aktivitas kontingen olahraga Spanyol dari satu event ke event yang lain.

“Saya langsung kontak ke Direktur Pengelola GBK Senayan Winarto dan direspon positif terhadap gagasan Menpora tersebut (Museum Asian Games—red),” tutur Gatot. (Advertorial)

KEYWORD :

Asian Games Imam Nahrawi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :