Rabu, 15/05/2024 01:11 WIB

Qatar Targetkan 25 Persen Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca pada 2030

Rencana tersebut juga menargrtkan pengurangan intensitas karbon dari fasilitas gas alam cairnya sebesar 25 persen pada tahun yang sama.

Doha, Qatar (foto: Memo)

DOHA, Jurnas.com - Qatar meluncurkan rencana aksi perubahan iklim nasional, yang bertujuan mencapai pengurangan 25 persen dalam emisi gas rumah kaca pada tahun 2030. Demikian disampaikan Kementerian Lingkungan dan Perubahan Iklim, Qatar, Kamis (29/10).

Rencana tersebut juga menargrtkan pengurangan intensitas karbon dari fasilitas gas alam cairnya sebesar 25 persen pada tahun yang sama.

Langkah Qatar mengikuti negara-negara Teluk Arab lainnya, termasuk Arab Saudi yang mengumumkan target emisi nol bersih pada 2060 menjelang KTT perubahan iklim COP26 di Glasgow minggu depan.

Qatar adalah produsen gas alam cair terbesar di dunia dan bertujuan untuk memperluas produksi LNG menjadi 127 juta ton per tahun pada tahun 2027.

Dikatakan produksi gasnya membantu memerangi perubahan iklim secara global karena dapat membantu dunia beralih dari bahan bakar berpolusi tinggi seperti minyak dan batu bara ke energi terbarukan.

Rencana tersebut berjanji untuk mengintensifkan upaya penangkapan dan penyimpanan karbon di fasilitas produksi gasnya. (Reuters)

KEYWORD :

Qatar Emisi Gas Rumah Kaca Perubahan Iklim




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :