Minggu, 12/05/2024 08:02 WIB

Koleksi Lukisan Tangan Muhammad Ali Laku Rp14 Miliar

Koleksi langka gambar, sketsa, dan lukisan milik petinju legendaris, Muhammad Ali, terjual di lelang dengan harga hampir US$1 juta (£733.760 atau Rp14 miliar).

Petinju Muhammad Ali (Foto: BBC)

New York, Jurnas.com - Koleksi langka gambar, sketsa, dan lukisan milik petinju legendaris, Muhammad Ali, terjual di lelang dengan harga hampir US$1 juta (£733.760 atau Rp14 miliar).

Dikutip dari BBC pada Rabu (6/10), sekitar 26 karya seni dilelang di rumah lelang Bonhams di New York. Salah satu karya yang paling dinanti ialah Sting Like a Bee, dijual seharga US$425.000, lebih dari 10 kali perkiraan pra-penjualannya.

Ali dipuji sebagai salah satu atlet, aktivis, dan penyair terhebat, tetapi bakat artistiknya kurang dikenal. Bonhams mengatakan, Ali menggambar dan melukis sepanjang hidupnya, karena ayahnya yang adalah seorang seniman profesional, dan akhirnya mengambil pelajaran dari seniman olahraga LeRoy Neiman.

"Muhammad Ali adalah ikon budaya yang mendefinisikan sebuah generasi. Karya seninya menggambarkan subjek yang dekat dengan hatinya: Tinju, Hak Sipil, Agama dan Perdamaian Dunia dan Kemanusiaan," kata Helen Hall, Direktur Budaya Populer Bonhams, sebelum penjualan.

Karya-karya itu dilelang oleh kolektor seni dan temannya Rodney Hilton Brown, yang mengatakan bahwa Ali menggambar tiga gambar pertamanya untuknya setelah berkelahi di Boston pada tahun 1977. Total harga jual $945.524 (£693.788) tiga kali lebih banyak daripada yang diharapkan.

Sting Like a Bee dilukis selama pembuatan film Freedom Road di Mississippi pada tahun 1978, dan merupakan satu-satunya karya yang menyertakan puisi lengkap Muhammad Ali, kata Bonhams.

Dikatakan, "Ref! dia melayang seperti kupu-kupu dan menyengat seperti lebah! Ya, jika kamu pintar kamu berlari seperti saya!" Ali sering menggambarkan gaya tinjunya melayang seperti kupu-kupu dan menyengat seperti lebah."

Sementara itu, lukisan merah, putih dan biru tahun 1979 di atas kanvas, dengan tulisan "I Love You America," dijual seharga US$150.000, dan sketsa tahun 1967 dengan spidol membandingkan Islam dengan Kristen terjual US$24.000.

Ali meninggal pada 2016 silam pada usia 74 tahun, beberapa dekade setelah menderita penyakit otak degeneratif Parkinson.

KEYWORD :

Muhammad Ali Petinju Legendari Lelang Lukisan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :