Kamis, 02/05/2024 02:06 WIB

KPK Periksa Putri Sulung Akil Mochtar

KPK sebelumnya juga telah mengagendakan pemeriksaan terhadap istri Akil, Ratu Rita Akil dalam penyidikan kasus ini

Ilustrasi KPK (Istimewa)

Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap pihak swasta, Aries Adhitya Shafitri. Putri sulung mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar ini akan dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus suap penanganan sengketa Pilkada Buton di MK tahun 2011-2012.

Plh Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati mengatakan, Adhitya Shafitri diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun (SUS).

"Yang bersangkutan akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka SUS," ucap Yuyuk, Jakarta, Kamis (24/11).

KPK sebelumnya juga telah mengagendakan pemeriksaan terhadap istri Akil, Ratu Rita Akil dalam penyidikan kasus ini. Pemeriksaan ini diduga untuk menelusuri aliran uang suap ke Samsu. Dimana dalam sidang disebutkan, suap itu dialirkan ke CV Ratu Samagat. Shafitri adalah petinggi di CV tersebut.

Samsu Umar Abdul Samiun sebelumnya telah dijerat tersangka karena memberi suap kepada Akil Mochtar. Suap tersebut guna mengamankan perkara Pilkada Buton di MK.

Atas dugaan itu, Samsu disangkakan telah melanggar Pasal 6 ayat (1) huruf a Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah UU Nomor 20 Tahun 2001.

KEYWORD :

KPK Korupsi Bupati Buton




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :