Sabtu, 04/05/2024 20:16 WIB

KPK Benarkan Tangkap Tangan Aparat Pajak

Tim Satgas sebelumnya telah menggelandang pihak yang diduga melakukan praktik suap ke gedung KPK pada Senin malam.

Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo membenarkan  telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terkait praktik suap terhadap seorang pegawai pajak pada Senin (21/11).

Selain pegawai pajak, Sagas KPK turut mengamankan seorang pengusaha dan uang yang diduga sebagai suap. "Benar," kata Agus Rahardjo singkat saat dikonfirmasi Jurnas.com, Senin (22/11) pagi.

Meski demikian, Agus enggan membeberkan lebih detail mengenai OTT itu. Menurut Agus, hal itu akan dijelaskan dalam jumpa pers yang akan digelar hari ini. "Tunggu konpers hari ini," ucap Agus.

Tim Satgas sebelumnya telah menggelandang pihak yang diduga melakukan praktik suap ke gedung KPK pada Senin malam. Kini dua orang yang diduga sebagai pihak pemberi dan penerima suap diamankan Satgas KPK masih menjalani pemeriksaan intensif.

Keduanya yang diamankan yakni berinisial HS selaku pegawai pajak dan pengusaha berinisial MH. HS dan MH ditangkap di kawasan Kemayoran Jakarta usai melakukan praktik dugaan suap senilai Rp 1,3 miliar. Suap untuk mengurangi pajak yang ditanggung oleh wajib pajak. Stasus mereka akan ditentukan 1 x 24 jam pasca OTT tersebut.

"Iya (masih menjalani pemeriksaan)," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha saat dikonfirmasi.

Pada hari ini, KPK berencanana akan mengumumkan status pejabat Direktorat Jenderal Pajak yang diamankan dalam Operasi Tangkap Tangan pada Senin (21/11) malam.

"Nanti akan diumumkan tapi belum ada jadwal (konferensi pers) yang pasti," kata pelaksana tugas (Plt) Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati di Jakarta, Selasa.

Pejabat yang ditangkap itu diduga merupakan pejabat eselon III Ditjen Pajak. Ia diamankan bersama dengan uang miliaran rupiah.

Namun Yuyuk belum menjelaskan untuk apa uang tersebut dan apa jenis pajak yang diurus oleh pejabat itu. KPK punya waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status pihak-pihak yang diamankan dalam OTT apakah akan ditetapkan sebagai tersangka atau tidak.

KEYWORD :

Operasi Tangkap Tangan KPK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :