Kamis, 02/05/2024 09:53 WIB

Mantan KSAU Jadi Presdir Freeport

Nama Chappy bukan orang baru di PT Freeport Indonesia. Sebelumnya ia telah menjadi penasihat senior Freeport Indonesia.

Mantan KSAU, Chappy Hakim Jadi Presdir Freeport Indonesia

Jakarta - Nama mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Chappy Hakim, disebut akan menjadi Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia menggantikan Maroef Sjamsoeddin yang mundur pada 18 Januari 2016 terkait skandal rekaman permintaan saham.

Setelah mundur Maroef, jabatan Presdir kosong dan sementara sempat digantikan Robert Schroeder yang juga sebagai Director and Executive Vice Presiden. Namun untuk posisi Chappy Hakim masih menunggu persetujuan para pemegang saham.

“Penunjukan tersebut telah dilakukan setelah berkonsultasi dengan Pemerintah Indonesia dan sedang dalam proses untuk memperoleh persetujuan resmi dari pemegang saham," kata juru bicara PT Freeport Indonesia Riza Pratama dilansir cnn.

Riza mengatakan,  hingga kini belum ditentukan jadwal rapat umum pemegang saham (RUPS) terkait pengangkatan Chappy. Pemerintah Indonesia sebagai pemegang saham 9,36 persen akan dilibatkan dalam menentukan pengangkatan ini.

Nama Chappy bukan orang baru di PT Freeport Indonesia. Sebelumnya ia telah menjadi penasihat senior Freeport Indonesia. Chappy sekarang berusia 68 tahun, menduduki posisi terakhir sebagai KSAU dengan pangkat Marsekal pada 2002-2005. Dia menempuh pendidikan Akabri Udara pada 1971, dilanjutkan dengan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau), Sekolah Staf dan Komando Gabungan (Seskogab) dan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Selain berkarir di TNI Angkatan Udara, Chappy pernah menjabat sebagai Ketua Tim Nasional Evaluasi Keselamatan dan Keamanan Transportasi. Selain itu sebagai anggota staf ahli di Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan penasehat di Asosiasi Perindustrian.

KEYWORD :

Presdir Freeport




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :