Kamis, 03/12/2020 02:06 WIB

Peserta Belum Lolos SBMPTN Diminta Tak Berkecil Hati

Nizam berharap, para peserta yang belum lolos dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 tidak berkecil hati.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nizam (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Nizam berharap, para peserta yang belum lolos dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 tidak berkecil hati.

Dia mengatakan, selain SBMPTN masih ada banyak kesempatan lain untuk bisa belajar di perguruan tinggi, baik di perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

"Jangan patah semangat, karena SBMPTN bukan satu-satunya jalur untuk masuk perguruan tinggi. Masih banyak kesempatan belajar di perguruan tinggi, baik swasta maupun program lain," ujar Nizam dalam konferensi pers pengumuman SBMPTN 2020 secara daring pada Jumat (14/8).

"Saya harap adik-adik tetap semangat, tetap optimistis, terus belajar, dan menjaga kesehatan," sambung Nizam.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Na`im. Selain SBMPTN, PTN juga masih akan membuka jalur lainnya yakni Seleksi Mandiri.

Namun untuk Seleksi Mandiri ini, Ainun mengingatkan supaya perguruan tinggi memperhatikan aspek efisiensi, efektibias, dan keselamatan terutama di tengah pandemi Covid-19.

"Sehingga penggunaan skor UTBK masih memungkinkan bersama variabel-variabel lain," kata Sekjen Kemdikbud.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih menyebut 167.653 peserta dinyatakan lolos Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), yang merupakan syarat SBMPTN 2020.

Dari jumlah tersebut, lanjut Nasih, 44.554 peserta terdaftar sebagai pemilik nomor pendaftaran Kartu Indonesia PIntar (KIP) Kuliah, dan 123.099 lainnya non-pemegang KIP Kuliah.

TAGS : Pengumuman SBMPTN Nizam Dirjen Dikti Kemdikbud




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :