Sabtu, 20/04/2024 04:40 WIB

WHO: Penyebaran Covid-19 dari Orang Tanpa Gejala Sangat Jarang

penyebaran Covid-19 dari orang yang tidak memiliki gejala tampaknya

Para tenaga medis edang merawat pasien Covid-19. Foto:

Jakarta, Jurnas.com - Badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa penyebaran Covid-19 dari orang yang tidak memiliki gejala tampaknya "sangat jarang.

"Penelitian menunjukkan bahwa banyak pasien, terutama orang muda dan orang sehat, dapat membawa virus tetapi tidak memiliki gejala atau gejala yang sangat ringan," kata Maria Van Kerkhove, kepala unit penyakit, dilansir UPI, Rabu (10/06).

"Dari data yang kami miliki, tampaknya masih jarang bahwa orang tanpa gejala benar-benar mentransmisikan ke individu sekunder. Sejumlah negara tidak menemukan transmisi sekunder atau sangat jarang," tambahnya.

Menurutnya, pasien yang membawa virus tetapi tidak memiliki gejala, atau gejala yang sangat ringan, telah diidentifikasi melalui pelacakan kontak.

Dia mengakui bahwa studi kasus di Singapura menunjukkan bahwa wabah tampaknya menyebar dari pasien tanpa gejala dalam kelompok yang ditemukan di fasilitas jangka panjang dan di unit keluarga.

"Kami berusaha mendapatkan lebih banyak informasi dari negara untuk menjawab pertanyaan ini," katanya.

"Yang benar-benar ingin kami fokuskan adalah mengikuti kasus-kasus simptomatik," tambah Van Kerkhove.

"Jika kita benar-benar mengikuti semua kasus simptomatik, mengisolasi kasus-kasus itu, mengikuti kontak dan mengkarantina kontak itu, kita akan secara drastis mengurangi wabah itu."

Covid-19 ditularkan dari orang ke orang melalui tetesan uap dari bersin atau batuk, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Studi tentang cluster di panti jompo di King County, Washington, dan di tempat lain tampaknya menunjukkan bahwa orang tanpa gejala, atau yang nantinya akan mengalami gejala, harus dikarantina jika terkena.

"Potensi penularan presimptomatik menggarisbawahi pentingnya jarak sosial, termasuk menghindari pengaturan berkumpul, untuk mengurangi penyebaran COVID-19," kata CDC pada bulan April.

Di negara-negara seperti Selandia Baru, di mana pemerintah mengatakan COVID-19 telah dihilangkan, pejabat kesehatan secara agresif mengidentifikasi orang-orang dengan gejala penyakit dan mengisolasi mereka.

Setelah 75 hari dikunci, Selandia Baru telah berjalan 17 hari tanpa mendeteksi kasus baru di perbatasannya dan 12 hari tanpa pasien di rumah sakit, kata Perdana Menteri Jacinda Ardern mengumumkan pada hari Minggu.

Di seluruh dunia, jumlah infeksi yang dilaporkan melewati 7 juta , Minggu, dengan lebih dari 400.000 kematian.

Jumlah kasus aktif di Amerika Serikat mencapai 1,95 juta pada hari Senin, dengan lebih dari 110.000 kematian, menurut laporan tersebut Pelacak COVID-19 Johns Hopkins University online.

KEYWORD :

Lembaga WHO Orang Tanpa Gejala Pandemi Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :