Rabu, 24/04/2024 05:32 WIB

Komjen Syafruddin Resmi Jabat Wakapolri

Komjen Pol Stafruddin resmi dilantik sebagai Wakapolri menggantikan posisi Budi Gunawan yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin

Jakarta - Komjen Pol Stafruddin resmi dilantik sebagai Wakapolri menggantikan posisi Budi Gunawan yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Syafruddin melakukan serah terima jabatan (sertijab) dan mengambil sumpah sebagai Wakapolri. Upacara sertijab itu sendiri dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

"Saya bersumpah bahwa saya selaku pejabat Polri akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Syafruddin dalam sumpahnya, di Ruang Rapat Utama Markas Besar Polri, Jakarta, Sabtu (10/9).

Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Kalemdikpol) itu juga berjanji tidak akan melakukan praktik KKN dan gratifikasi serta senantiasa bekerja demi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, bukan kepentingan pribadi maupun golongan.

Sebelum menjadi orang nomor dua di Polri, Komjen Pol Syafruddin pernah mengisi beberapa jabatan penting dalam kariernya, diantaranya menjadi Ajudan Wapres Jusuf Kalla pada tahun 2004, Wakil Polda Sumatera Utara, Kapolda Kalimantan Selatan, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam Polri) dan mulai menjabat Kalemdikpol tahun 2015.

Jabatan Wakapolri digenggamnya setelah penjabat sebelumnya, Jenderal Budi Gunawan diangkat sebagai Kepala BIN oleh Presiden Jokowi, Jumat (9/9).

Budi Gunawan dilantik setelah mendapatkan persetujuan oleh DPR dalam rapat paripurna pada Kamis (8/9). Dia sempat menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi I DPR pada sehari sebelum disahkan dalam rapat paripurna DPR.

KEYWORD :

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin Polri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :