Sabtu, 20/04/2024 17:45 WIB

Trump Ngaku Gunakan Hydroxychloroquine Cegah Corona

Pengakuan itu merupakan upaya Trump untuk mempromosikan hydroxychloroquine sebagai pengobatan untuk virus corona, yang dimulai lebih awal dalam wabah dan telah mendapat perlawanan dari para profesional medis.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump kembali mengejutkan publik ketika mengaku menggunakan hydroxychloroquine, obat anti-malaria yang disebut para ahli tidak cocok untuk memerangi virus corona baru.

Berbicara pada pertemuan eksekutif restoran, Trump mengatakan mulai menggunakan obat antimalaria setelah berkonsultasi dengan dokter Gedung Putih, meskipun tidak mengaku dokternya merekomendasikan obat tersebut.

"Beberapa minggu yang lalu, saya mulai mengambilnya," kata Trump, yang mengaku mengambilnya setiap hari selama satu setengah minggu.

Pengakuan itu merupakan upaya Trump untuk mempromosikan hydroxychloroquine sebagai pengobatan untuk virus corona, yang dimulai lebih awal dalam wabah dan telah mendapat perlawanan dari para profesional medis.

Karena obat ini diresepkan untuk mengobati malaria dan kondisi lainnya, Trump menjadikannya aman dan menyarankan pasien virus corona tidak memiliki banyak kerugian dengan mencobanya.

Tetapi setidaknya satu penelitian menunjukkan obat itu tidak manjur melawan penyakit yang menyerang sistemp pernapasan yang disebut COVID-19. Sebaliknya, dapat menyebabkan masalah jantung.

Studi ini dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association. Ini mengikuti sebuah penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine yang juga menunjukkan obat itu tidak melawan virus.

Bahkan sebelum laporan ini diterbitkan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) dan National Institutes of Health mengeluarkan peringatan tentang penggunaan obat untuk pasien virus corona.

Trump mengatakan menggunakan obat itu setelah mendengar dari para responden garis depan yang mengiriminya surat-surat yang mengatakan bahwa mereka memakainya secara preventif.

Sejauh ini, ia mengaku belum terpapar corona karena menggunakan obat tersebut. "Ini bukti saya: Saya mendapat banyak telepon positif tentang itu," kata Trump.

Ketika ditanya apakah dokter Gedung Putih merekomendasikan untuk memulai meminum hydroxychloroquine, Trump menolak.

"Saya bertanya kepadanya, bagaimana menurut Anda, katanya, `Baiklah kalau Anda mau,`" Presiden mengatakan kepada wartawan.
Sementara Trump mengakui dia tidak tahu apakah obat itu bekerja, dia mengklaim "jika tidak, Anda tidak akan sakit dan mati."

FDA telah memperingatkan penggunaan hydroxychloroquine dan chloroquine untuk mengobati virus corona novel dan mengatakan mereka hanya boleh digunakan di rumah sakit atau uji klinis karena dapat membunuh atau menyebabkan efek samping yang serius.

Masalah itu di antaranya adalah detak jantung yang serius pada pasien COVID-19 yang diobati dengan obat-obatan ITU, terutama ketika mereka dikombinasikan dengan antibiotik azithromycin atau obat lain yang dapat mempengaruhi jantung. (CNN)

KEYWORD :

Amerika Serikat Donald Trump Antimalaria Hydroxychloroquine




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :