Jum'at, 19/04/2024 23:19 WIB

Anggota Kongres AS Ancam Iran Bertemu Mendiang Soleimani

Kepala komandan Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) Iran Mayor Jenderal Hossein Salami juga memperingatkan, Iran akan menargetkan kapal-kapal AS jika mengancam keselamatan kapal-kapal atau kapal perang negara tersebut.

Anggota Kongres Republik AS Matt Gaetz. (Foto: Press TV)

Washington, Jurnas.com - Anggota Kongres Republik Amerika Serikat (AS), Matt Gaetz meminta kepada Iran untuk menyatukan aksi atau bersiap bertemu mendiang Jenderal Qassem Soleimani, Pemimpin Pasukan Quds Garda Revolusi Iran yang gugur diserang militer AS selama misi diplomatik di Irak pada Januari.

Dalam sebuah wawancara pada Kamis (23/4), Gaetz meminta Iran agar tidak melakukan tindakan bermusuhan terhadap pasukan AS. Ia mengakan, walaupun Washington tidak ingin terlibat dalam permusuhan terbuka, namun akan menanggapi tindakan terorisme.

"AS tidak mencari perang dengan Iran. Di bawah doktrin Presiden AS (Donald Trump, Red), kami tidak akan terlibat dalam perang asing tanpa akhir, tetapi kami akan menumpas teroris," kata Gaetz.

"Jadi, pesannya sangat jelas bagi pejabat Iran mana pun yang akan terlibat dalam terorisme: Dapatkan tindakan Anda bersama atau bersiap untuk bertemu Jenderal Soleimani," sambungnya.

Ia mengatakan bahwa Presiden Trump sudah memperingatkan Iran tentang konsekuensi jika berani melecehkan kapal perang AS yang berpatroli di Teluk Persia.

Pada 3 Januari, AS membunuh Jenderal Soleimani, komandan Pasukan Pengawal Revolusi Islam Iran Quds, dan Abu Mahdi al-Muhandis, komandan kedua Mobilisasi Populer Irak (PMU), dan sekelompok rekan mereka di Baghdad. Operasi itu dilakukan atas arahan langsung Trump.

Lewat akun Twitternya pada Rabu (22/4) pagi, Trump menginstruksikan kepada Angkatan Laut AS untuk menghancurkan kapal-kapal Iran jika berani melecehkan kapal-kapal AS di Teluk Persia.

"Saya telah menginstruksikan Angkatan Laut AS untuk menembak jatuh dan menghancurkan setiap dan semua kapal perang Iran jika mereka melecehkan kapal kami di laut," tulis Trump.

Reaksi Trump muncul setelah konfrontasi baru-baru ini antara kapal perang AS dan kapal Iran di Teluk Persia.

Kepala komandan Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) Iran Mayor Jenderal Hossein Salami juga memperingatkan, Iran akan menargetkan kapal-kapal AS jika mengancam keselamatan kapal-kapal atau kapal perang negara tersebut.

"Kami menyatakan kepada mereka bahwa kami benar-benar bertekad dan serius membela keamanan nasional kami, perbatasan air dan kepentingan maritim, dan setiap langkah (terhadap kami) akan cepat bertemu dengan respons yang tegas dan efektif," katanya. (Press TV).

KEYWORD :

Matt Gaetz Donald Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :