Kamis, 28/05/2020 22:04 WIB

Rusia Luncurkan Sistem Uji Baru Deteksi Tanda-tanda Awal COVID-19

Virus dapat terungkap bahkan sebelum gejala muncul menggunakan sistem baru tersebut.

Ilmuwan Rusia (foto: Rasa)

Jakarta, Jurnas.com - Pengawas hak-hak konsumen Rusia Rospotrebnadzor mulai menggunakan sistem pengujian baru yang dapat mendeteksi tanda-tanda awal COVID-19.

Sistem pengujian tersebut dikembangkan oleh para peneliti di Central Research Institute of Epidemiology.

"Sistem pengujian Lembaga Penelitian Pusat Layanan Federal untuk Pengawasan Perlindungan Hak Konsumen dan Kesejahteraan Manusia (Rospotrebnadzor) memperluas gudang alat diagnostik untuk mendeteksi infeksi coronavirus: memungkinkan Anda untuk mendeteksi infeksi bahkan pada tahap awal penyakit, "kata pengawas dilansir Tass.

Pengawas bahkan menambahkan bahwa virus dapat terungkap bahkan sebelum gejala muncul menggunakan sistem baru tersebut.

Juga, mulai 6 April, Pusat Pengawasan Molekuler pengawas meluncurkan penelitian tentang virus corona secara komersial. Itu berarti bahwa setiap orang dapat mengikuti tes dengan pilihan dan tidak hanya karena kebutuhan medis. Menurut regulator, pengambilan sampel dilakukan di rumah hampir tanpa kontak.

"Seorang spesialis dari Pusat Diagnostik Molekuler membawa kit diagnostik kepada pelanggan, menginstruksikan kepadanya bagaimana melakukan usap tenggorokan, dan membawa wadah dengan sampel pergi untuk penelitian. Hasilnya diberikan dalam satu atau dua hari oleh email,"kata laporan itu.

Regulator mencatat bahwa pengujian melibatkan penggunaan peralatan medis presisi tinggi, yang sepenuhnya mematuhi semua persyaratan Eropa modern. Karena sensitivitas tes yang tinggi, hasil false-negative dan false-positive dikeluarkan, regulator menambahkan.

Pada 5 April, total 5.389 kasus virus corona telah dikonfirmasi di Rusia, dengan 355 pasien telah pulih dari virus. Moskow menyumbang sebagian besar infeksi (3,893 kasus).

Data terbaru negara itu menunjukkan 45 kematian secara nasional. Sebelumnya, pemerintah Rusia membuat hotline internet untuk menjaga agar publik selalu terbarui tentang situasi virus corona.

TAGS : Virus Corona Sistem Baru Rusia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :