Kamis, 28/05/2020 08:09 WIB

UEFA Tunda Semua Pertandingan Sepakbola Eropa

UEFA juga menyatakan akan melonggarkan Financial Fair Play dan langkah-langkah pemberian lisensi klub terkait kompetisi 2020-21

Logo UEFA (foto: Google)

Jakarta, Jurnas.com - UEFA memutuskan untuk semua pertandingan tim nasional yang dijadwalkan untuk dimainkan di bawah naungannya pada bulan Juni, termasuk play-off untuk final Euro 2020.

Badan sepak bola Eropa mengadakan konferensi video dengan perwakilan dari seluruh 55 anggota asosiasi pada Rabu (01/04) waktu setempat.

Sebeluknya, UEFA telah membuat badan kerja bulan lalu untuk mengatasi tantangan yang diciptakan oleh pandemi COVID-19.

Setelah pertemuan itu pada 17 Maret, dipastikan Euro 2020 akan dipindahkan ke Juni dan Juli tahun depan, meskipun pertandingan play-off masih dijadwalkan berlangsung selama jeda internasional pada akhir musim 2019-20 yang dijadwalkan.

Namun, semua pertandingan UEFA sekarang ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut, sementara tenggat waktu yang berkaitan dengan musim 2020-21 untuk kompetisi klub juga ditahan, dengan prospek penutupan sepakbola melampaui tanggal 30 Juni di mana kontrak pemain biasanya berakhir.

"Tenggat waktu terkait semua kompetisi klub UEFA 2020-21 ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut, khususnya mengenai proses penerimaan dan pendaftaran pemain," bunyi pernyataan UEFA dilansir Soccerway.

"UEFA akan menetapkan tenggat waktu baru pada waktunya," tambahnya.

Pada pertemuan awal, UEFA membuat komitmen untuk mencoba dan menyelesaikan semua kompetisi klub Eropa dan domestik pada akhir Juni, prospek yang tampak semakin fantastis karena liga di seluruh benua tetap ditangguhkan dengan sedikit tanda dimulainya kembali.

UEFA juga menyatakan akan melonggarkan Financial Fair Play dan langkah-langkah pemberian lisensi klub terkait kompetisi 2020-21 saat klub berurusan dengan masa-masa yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Komite Eksekutif menegaskan kembali komitmen penuhnya untuk perizinan klub dan Financial Fair Play dan setuju bahwa keadaan luar biasa saat ini memerlukan beberapa intervensi khusus untuk memfasilitasi pekerjaan asosiasi dan anggota klub," bunyi pernyataan itu.

"Sebagai hasil dari meningkatnya ketidakpastian yang dihasilkan oleh peristiwa luar biasa yang sedang berlangsung, komite eksekutif juga memutuskan untuk menangguhkan ketentuan lisensi klub yang berkaitan dengan persiapan dan penilaian informasi keuangan klub di masa depan."

Selain itu, UEFA membatalkan Kejuaraan U-17 Eropa dan Kejuaraan U-19 Wanita Eropa, masing-masing dijadwalkan untuk bulan Mei dan Juli.

Kejuaraan U-19 Eropa yang sesuai dan Kejuaraan U-17 Wanita Eropa ditunda dengan tujuan menata ulang, mengingat mereka merangkap sebagai kompetisi kualifikasi untuk Piala Dunia U-20 FIFA dan Piala Dunia Wanita U-17.

Final UEFA Futsal Championship League bulan depan juga telah ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut.

TAGS : Virus Corona Lembaga UEFA Sepakbola Eropa




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :