Selasa, 29/09/2020 18:12 WIB

Bupati Bogor Instruksikan Seluruh Warga Waspada Virus Corona

Instruksi Bupati Bogor tersebut dituangkan dalam Instruksi Bupati Bogor Nomor 90 Tahun 2020.

Bupati Bogor, Ade Yasin

Bogor, jurnas.com - Bupati Bogor, Jawa Barat Ade Yasin menginstruksikan kepada seluruh perangkat pemerintahan dan masyarakat Kabupaten Bogor meningkatkan kewaspadaan penularan virus corona di wilayah Kabupaten Bogor.

Instruksi Bupati Bogor tersebut dituangkan dalam Instruksi Bupati Bogor Nomor 90 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Desiase (Covid-19).

Instruksi Bupati Bogor yang dikeluarkan pada Selasa, (4/3/2020) lalu itu ditujukan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Para Asisten Sekretaris Daerah, Para Kepala Perangkat Daerah, Para Direktur Rumah Sakit Umum Daerah, Para Direktur Badan Usaha Milik Daerah, Para Kepala Puskesmas, dan Para Camat, Lurah, dan Kepala Desa di seluruh Kabupaten Bogor.

Mereka diinstruksikan mendukung dan melaksanakan kegiatan sosialisasi, meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, serta melakukan pengendalian resiko infeski corona virus disease (covid-19) di Kabupaten Bogor.

Dinas kesehatan, Puskesmas, Camat, Lurah/Kepala Desa diminta lebih gencar melakukan sosialisasi baik langsung maupun tidak langsung melalui semua kanal media kepada masyarakat terkait tentang cara penularan dan pencegahan virus corona.

"Puskesman agar meningkatkan pemantauan untuk deteksi dini virus corona dan terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk setiap kemungkinan kasus corona," kata Ade Yasin.

Dinas Kesehatan diminta untuk melakukan pengecekan ulang ke seluruh Rumah Sakit terkait kesiapsiagaan 24 jam, termasuk kesediaan ruang isolasi tekanan negatif, sarana prasana akat pelindung diri (APD) lengkap, SDM, dan tata cara penanganan virus corona di Rumah Sakit.

"Dinas Kesehatan segera membuat Posko Covis-19 siaga 24 jam untuk menerima laporan  apabila ada pasien yang terindikasi terinfeksi virus corona," ujarnya.

Setiap Rumah Sakit juga diminta siaga 24 jam untuk menghadapi kemungkinan penyebaran covid-19 dengan melengkapi alat pelindung diri dan ruang isolasi sesuai tata cara dari Kementerian Kesehatan.

Ade Yasin menyeburkan, untuk setiap informasi setiap dugaan virus corona, Pemkab Bogor membuka layanan di Dinas Kesehatan melalui sambungan cepat 24 jam Sitegar 119 atau posko kayanan kegawatadaruratan medis 021-87901590 atau whatsapp 081212349911.

Bupati Bogor juga mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari ke daerah atau negara yanh sedang terjangkit wabah corona.

"Apabila sudah terlanjur melakukan kontak dengan suspect yang diduga terjangkit virus corona, agar segera melapor ke pihak terkait dalam rentang waktu 14 hari masa inkubasi virus corona," tegas Ade Yasin.

Masyarakat Bogor juga diajak untuk berprilaku hidup bersih dan sehat.

"Perangkat daerah lainnya juga, termasuk forum koordinasi pimpinan daerah harus terlibat aktif dalam upaya sosialisasi dan pencegahan penyebaran virus corona," tutup Ade Yasin.

TAGS : Bupati Bogor Ade Yasin virus corona covid-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :