Selasa, 27/10/2020 02:07 WIB

Virus Corona Menyebar Cepat di AS

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) pada Selasa (3/3) mendata sebanyak 108 kasus yang dikonfirmasi dan diduga di AS.

Virus corona (Foto: Press TV)

Washington, Jurnas.com - Virus corona atau COVID-19 yang menyebar sangat cepat sudah meningkat di Amerika Serikat (AS). Jumlah korban tewas di negara itu naik menjadi sembilan orang.

Semua kematian terjadi di negara bagian Washington, dan sebagian besar adalah penghuni panti jompo di dekat Seattle. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) pada Selasa (3/3) mendata sebanyak 108 kasus yang dikonfirmasi dan diduga di AS.

"Apa yang terjadi sekarang di AS mungkin merupakan awal dari apa yang terjadi di luar negeri," kata Dr. Nancy Messonnier dari CDC, mencatat bahwa di China orang yang lebih tua dan sakit sekitar dua kali lebih mungkin menjadi sakit parah daripada mereka yang lebih muda dan lebih sehat.

Kekacauan akibar virus corona mengirim pembeli di seluruh negeri memborong makanan. Makanan yang tidak tahan lama, desinfektan, air botolan dan kertas toilet semua ludes dari rak-rak toko.

"Semakin hari semakin gila," kata seorang karyawan Target yang memenuhi pesanan online di sebuah toko di Richmond, Virginia.

"Banyak dari mereka malakukan panic buying, orang-orang menimbun delapan galon air atau 20 jenis sup. Barang-barang langsung ludes setelah disimpan naik ke rak."

Pemerintahan Presiden Donald Trump menghadapi tekanan yang semakin besar setelah meningkatkan upaya untuk memerangi penyebaran virus corona. Wakil Presiden AS Mike Pence mengatakan, setiap orang AS sekarang dapat dites virusnya jika seorang dokter menganggap perlu.

"Kami mengeluarkan panduan baru, segera efektif, dari CDC yang akan menjelaskan bahwa setiap klinisi yang berwenang kesehatan dapat melakukan tes," kata Pence kepada wartawan di Gedung Putih.

Pengumuman Pence membingungkan beberapa pejabat kesehatan masyarakat, karena dokter sudah diizinkan melakukan pengujian. Komentarnya juga menimbulkan keraguan tentang apakah AS dapat dengan cepat mempercepat produksi kit pengujian, serta ketersediaan biaya.

Bank sentral AS mengumumkan pemotongan suku bunga terbesar dalam lebih dari satu dekade untuk mencoba mengurangi kerusakan pada ekonomi AS dari pembatasan perjalanan, penutupan pabrik dan gangguan lain yang disebabkan di seluruh dunia oleh epidemi.

Anggota parlemen di Capitol Hill menyatakan skeptis tentang klaim dari pejabat kesehatan AS bahwa pengujian virus akan tersedia secara luas pada akhir minggu ini.

"Saya mendengar dari para profesional kesehatan yang tidak realistis," kata Senator Demokrat Patty Murray dari negara bagian Washington pada sidang Senat. (Press TV)

TAGS : Amerika Serikat Donald Trump Virus Corona




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :