Jum'at, 21/02/2020 21:31 WIB

Rumor WNI Arcandra Terkait Masela?

Ilustrasi Menteri Arcandra Tahar./foto:the-indopost

Jakarta - Bola panas kewarganegaraan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, masih bergulir. Dari politisi hingga pakar memberikan pendapatnya, hingga tudingan-tudingan miring soal pria yang memiliki enam hak paten internasional tersebut.

Dalam laman resmi kementerian ESDM, Arcandra menegaskan bahwa ia hingga saat ini masih sebagai WNI. Tentu saja, penegasan tersebut diharapkan dapat menetralisir isu tak sedap yang berkembang soal kewarganegaraan Arcandra.

"Saya tuh orang Padang Asli, istri saya juga orang Padang asli, lahir dan besar di Padang Cuma pas kuliah S2 dan S3 saya kuliah di Amerika," ucap Arcandra, usai peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia di Kementerian ESDM, Minggu (14/8).

Terkait soal kewarganegaraan Arcandra, mantan kepala BIN, pun ikut berkomentar. AM Hendropriyono mengutarakan melalui twuitnya, bahwa dulu Arcandra memang pernah memegang paspor AS. Namun, Arcandra adalah anak bangsa dengan prestasi gemilang hingga ia mau kembali diajak pulang untuk membangun Indonesia. (Baca: Ini Tanggapan Hendropriyono Soal Menteri Arcandra)

Sementara itu, Moh Mahfud MD, pakar hukum tata negara dalam kultwitnya merujuk pada aturan perundang-undangan bahwa menurut pasal 22 ayat (2) butir a UU No.39 Tahun 2008, syarat pertama dan utama untuk menjadi menteri adalah Warga Negara Indonesia. (Baca: Isu WNA Arcandra Harus Segera Dijernihkan)

"Menurut hukum, orang yang mengembalikan paspor asingnya lalu ingin jadi WNI lagi, harus melalui naturalisasi dan tinggal di Indonesia dulu selama 5 tahun," ucap Mahfud MD menanggapi banyak pertanyaan di twitnya.

Tokoh ekonom senior, Faisal Basri, dalam tulisan yang diunggah laman webnya faisalbasri.com pada (15/8) menyatakan bahwa persoalannya tidak rumit. 

"Oleh karena itu tidak perlu berlama-lama menyelesaikannya. Hari ini juga sebaiknya pemerintah membatalkan demi hukum pelantikan Arcandra Tahar sebagai Menteri ESDM," tulis mantan ketua Komite Reformasi Tata Kelola Migas tersebut.

Faisal Basri juga mengungkapkan bahwa heboh rumor kewarganegaraan Arcandra masih terkait dengan persoalan megraproyek Masela yang pada fase sebelumnya sempat memanas.[]

TAGS : Arcandra Tahar Menteri ESDM Faisal Basri Mahfud MD




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :