Senin, 28/09/2020 07:10 WIB

Perhatikan Pasien, Anggota DPR Arzeti Bilbina Bicara Banjir di RSCM

Anggota DPR RI Arzeti Bilbina prihatin dengan kondisi pasien di RSCM yang terdampak banjir. Mitigasi bencana sangat penting.

Arzeti Bilbina Anggota DPR RI dari Fraksi PKB. (Foto : Jurnas/Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com- Arzeti Bilbina,  Anggota dari Komisi IX DPR RI, meminta pemerintah untuk segera membuat konsep mitigasi bencana terutama bagi Rumah Sakit. Ia menegaskan, pentingnya RS dan pengelolanya  untuk mengerahkan daya dan upaya sebagai cara  meminimalisir dampak negatif banjir bagi pasien maupun alat-alat kesehatan. Hal ini terkait banjir yang melanda RSCM.

"Meskipun pihak RSCM telah menyatakan mengalihkan pasien ke RS lainnya. Tetapi pihak RSCM perlu mengambil pelajaran penting dari bencana ini. Ke depan perlu ada perbaikan agar hal serupa tidak terjadi. Supaya bisa meminimalisir dampak negatif bencana bagi pasien.  Karenanya,  perlu buat skema yang sistematis untuk meminimalisir agar  hal serupa tidak terulang," tegas Anggota DPR RI dari FPKB saat berkunjung ke RSCM Jakarta hari ini.

Perlu diketahui, Komisi IX DPR RI mengadakan kunjungan ke RSCM hari ini untuk mengetahui kondisi dan situasi RSCM pasca terkena banjir pada Minggu 23 Februari 2020 kemarin.  Mantan model Indonesia ini mengingatkan pemerintah tentang pentingnya  mitigasi bencana.  
Hal ini mengingat banyaknya potensi bencana di Indonesia yang butuh penanggulangan dan perlu segera dilakukan agar semua penduduk mengetahui cara mitigasi bencana.  Termasuk bagi pengelola-pengelola fasilitas kesehatan.

"Yang terjadi di RSCM Ahad kemarin itu semacam alarm. Beberapa alat kesehatan seperti alat untuk MRI perlu perawatan khusus karena tergenang air. Hingga sekarang masih diperbaiki. Meski sudah dialihkan pelayanan kesehatan ke Faskes lain, tetapi tetap saja hal ini mengganggu, apalagi RSCM merupakan RS rujukan utama," terang anggota DPR RI dari dapil Surabaya-Sidoarjo ini.

Lebih lanjut, ia menjelaskan kepanikan berbagai pihak tentang yang terjadi di RSCM tersebut menunjukkan belum adanya sistem mitigasi bencana di RS. Oleh karenanya, ini merupakan peringatan dini bagi pemerintah untuk segera membuat konsep  dan melaksanakan konsep tersebut untuk mitigasi bencana termasuk bagi pengelola RS. Semua pengelola Rumah Sakit harus memiliki sistem mitigasi bencana sehingga saat bencana terjadi semua pengelola RS langsung tahu apa yang harus dilakukan.

"Ya.. Mitigasi bencana sangat mendesak kita butuhkan. Kita harus segera membuat dan melaksanakan konsep tersebut, supaya kita bisa meminimalisir dampak buruk bencana," pungkasnya

TAGS : Arzeti Bilbina Mitigasi Bencana Banjir RSCM




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :