Sabtu, 04/04/2020 06:09 WIB

Trump Berang Tak Diberitahu Warganya yang Terinfeksi Virus Corona Dipulangkan

Trump sudah diyakinkan Sabtu lalu bahwa pasien dengan gejala di atas kapal mewah Diamond Princess akan tinggal di Jepang, 

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berang karena tidak diberi tahu ada werga Amerika yang terinfeksi virus corona diterbangkan kembali ke negara itu dari Jepang.

Pejabat administrasi Trump kepada The Washington Post dengan syarat anonimitas mengatakan, Trump sudah diyakinkan Sabtu lalu bahwa pasien dengan gejala virus coronba akan tetap dikarantina di atas kapal mewah Diamond Princess di Jepang.

"Tetapi Departemen Luar Negeri dan seorang pejabat tinggi kesehatan AS akhirnya memutuskan untuk membawa kembali 14 warga Amerika yang dites positif terkena virus di pesawat dan menempatkan mereka dalam isolasi," kata laporang itu.

"Trump mengetahui keputusan itu setelah fakta dan marah bahwa ia tidak berkonsultasi terlebih dahulu, mengeluh bahwa keputusan itu dapat merusak penanganan pemerintahannya terhadap respons," sambungnya.

Direktur eksekutif dan direktur pelaksana obat operasional di Biro Pelayanan Kesehatan Departemen Luar Negeri, William Walters mengatakan pada hari Jumat bahwa rencana eksekusi sudah berlangsung ketika hasil lab Jepang tersedia.

"Saya pikir orang-orang di lapangan melakukan hal yang benar, dengan - karena sangat hati-hati - memindahkan 14 orang itu ke area isolasi di mana mereka tidak menimbulkan ancaman bagi diri mereka sendiri atau orang lain, untuk memberikan ruang bagi yang kuat diskusi antar-lembaga antara bukan hanya CDC dan negara, tetapi benar-benar elemen operasional HHS," katanya. 

"Pada akhirnya, Departemen Luar Negeri memiliki keputusan untuk dibuat, diinformasikan oleh mitra antar-lembaga kami, dan kami melanjutkan dan membuat keputusan itu," kata Walters. "Dan keputusannya, kupikir, adalah yang tepat untuk membawa pulang orang-orang itu."

Sekitar 99% dari kasus yang dikonfirmasi dari virus telah di China. Lebih dari setengah dari 1.000 kasus aneh di luar China terjadi pada Puteri Berlian, sebuah kapal pesiar yang merapat di Jepang.

Para pejabat AS menuduh akun media sosial terkait Rusia menyebarkan kepanikan tentang wabah tersebut.

Pemerintah Rusia telah membantah terlibat dalam kampanye informasi yang salah. "Ini adalah cerita yang sengaja salah," kata juru bicara kementerian luar negeri Rusia Maria Zakharova.

Pejabat AS sejauh ini mengkonfirmasi 35 kasus virus corona baru di negara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengumumkan Jumat.

"Saya ingin menjadi jelas bahwa kita belum melihat komunitas menyebar di sini di Amerika Serikat," kata Nancy Messonnier, seorang pejabat penting Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Jumat. "Tapi itu sangat mungkin, bahkan mungkin, yang pada akhirnya mungkin terjadi." (Press TV)

TAGS : Darurat Virus Corona Warga Amerika Serikat Virus Coroan Donald Trump




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :