Sabtu, 11/04/2020 03:26 WIB

Simak, Ini Cara Mendaftar SNMPTN bagi Calon Penerima KIP Kuliah

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan bagi pendaftar SNMPTN yang sudah memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) Sekolah, maupun mereka yang belum memiliki KIP Sekolah

Kartu Indonesia Pintar (KIP) | Foto: Muti/Jurnas.com

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah membuka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 14 Februari lalu, dan akan berakhir pada 27 Februari 2020 pukul 23.59 WIB.

Namun terdapat beberapa langkah yang perlu diperhatikan bagi pendaftar SNMPTN yang sudah memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) Sekolah, maupun mereka yang belum memiliki KIP Sekolah namun berasal dari golongan keluarga kurang mampu, yang nantinya akan menerima KIP Kuliah.

Berikut ini langkah-langkahnya menurut keterangan Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih:

1. Calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu, dipersilakan mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah sesuai jadwal yang ditetapkan yakni awal Maret sampai 31 Maret 2020.

2. Calon mahasiswa yang sudah memiliki KIP Sekolah harus melakukan pendaftaran SNMPTN 2020 sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni 14 Februari 2020 pukul 14.00 WIB sampai 27 Februari 2020 pukul 23.59 WIB.

3. Calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang belum memiliki KIP Sekolah juga tetap melakukan pendaftaran SNMPTN 2020 sesuai jadwal yang telah ditentukan, sampai mengisi kolom pilihan program studi dan perguruan tinggi negeri.

4. Bagi calon mahasiswa kurang mampu yang belum memiliki KIP Sekolah diberikan kesempatan melakukan finalisasi sampai akhir Maret 2020.

5. Setelah masa pendaftaran KIP Kuliah berakhir, akan dilaksanakan kegiatan sinkronisasi data antara Data Pendaftar SNMPTN di LTMPT, dengan Data Penerima KIP Kuliah untuk selanjutnya diseleksi.

"Pendaftaran dianggap sah bila sudah dilakukan finalisasi. Siswa yang tidak memfinalisasi dianggap belum atau tidak mendaftar SNMPTN," tandas Nasih dalam keterangannya pada Jumat (21/2).

TAGS : KIP Kuliah Kartu Indonesia Pintar SNMPTN 2020




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :