Rabu, 19/02/2020 08:43 WIB

China Siap Fasilitasi Pemulangan WNI dari Wuhan

Pemerintah China siap memfasilitasi pemulangan WNI dari wilayah terdampak virus corona, Provinsi Hubei ke Indonesia.

Gedung Pancasila (Foto: Humas Kementerian Luar Negeri)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) siap memulangkan warga negara Indonesia (WNI) dari wilayah terdampak virus Novel Corona baru (2019-nCov), Provinsi Hubei.

Dalam keterangan tertulis yang diterima jurnas.com pada Kamis (30/1) malam, Kemenlu mengatakan, Pemerintah China siap memfasilitasi pemulangan WNI dari wilayah terdampak virus corona, Provinsi Hubei ke Indonesia.

"Saat ini, sedang dimatangkan kesiapan di dalam negeri dan memastikan pengelolaan logistik pemindahan WNI dari tujuh titik di Provinsi Hubei ke tempat penjemputan, sebelum pesawat tiba di lokasi Bandara di Wuhan," jelas Kemenlu.

"Hal ini diperlukan agar tidak ada hambatan saat proses pemulangan diaktifkan," sambungnya.

Kemenlu menyampaikan bahwa Tim KBRI Beijing sudah berada di dekat wilayah terdampak untuk membantu fasilitasi proses tersebut di lapangan. KBRI meminta para WNI di Hubei untuk menyiapkan dokumen perjalanan dan administratif lainnya.

Ditambahkan bahwa Kemenlu bekerjasama dengan berbagai instansi terkait di dalam negeri antara lain TNI, Kementerian Kesehatan, dan Imigrasi dalam proses ini.

"Tugas utama Kemenlu adalah untuk memudahkan penjemputan dan membawa para WNI ke Tanah Air. Di dalam negeri, instansi terkait lain yang akan memfasilitasi sesuai tugas pokok dan fungsi mereka," kata pernyataan tersebut.

Per Kamis (30/1), Pemerintah China mengatakan, jumlah tewas secara nasional akibat virus corona melonjak menjadi 170 dan lebih dari 1.700 kasus yang baru dikonfirmasi di China.

TAGS : Gejalah Virus Corona Kota Wuhan Kemenlu RI Virus Misterius




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :