Senin, 24/02/2020 15:49 WIB

Libatkan 10 Bank, Akhirnya KS Sukses Restrukturisasi Utang Rp30 Triliun

Proses restrukturisasi tersebut melibatkan 10 bank.

Ilustrasi Baja Krakatau Steel

Jakarta, Jurnas.com - Setelah melewati beberapa proses, akhirnya PT Krakatau Steel (persero) Tbk berhasil merestrukturisasi utang sebesar Rp30 triliun. Proses restrukturisasi tersebut melibatkan 10 bank.

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, utang Krakatau Steel (KS) yang terestrukturisasi sebesar 2 miliar dolar AS atau sekitar Rp30 triliun.

"Kita fokus hari ini dulu bahwa pada hari ini konkrit sudah terestrukturisasi utang sebesar 2 miliar dolar AS yang kurang lebih sekitar Rp30 triliun," ujar Erick di Jakarta, Selasa (28/01/2020)

Erick menambahkan, sisa utang Krakatau Steel akan terus diperbaharui, karena memang tidak mungkin dikerjakan secara menyeluruh. Yang terpenting, lanjut dia, utang Rp30 triliun diselesaikan terlebih dahulu karena di Krakatau Steel sendiri terdapat 60 anak cucu usaha.

PT Krakatau Steel (persero) Tbk telah menyelesaikan restrukturisasi utang senilai 2 miliar dolar AS atau sekitar Rp30 triliun. Kesepakatan restrukturisasi ini telah selesai ditandatangani oleh keseluruhan kreditur pada 12 Januari 2020.

Restrukturisasi utang ini melibatkan 10 bank nasional, swasta nasional dan swasta asing, yakni:

Kesepakatan 30 September 2019 :

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank ICBC Indonesia
Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Indonesia Eximbank)
PT Bank Central Asia Tbk

Kesepakatan 29 Desember 2019  :
PT Bank DBS Indonesia
PT Bank OCBC NISP Tbk

Kesepakatan 12 Januari 2020 :
Standard Chatered Bank Indonesia
PT CIMB Niaga Tbk

Sebelumnya diberitakan Perusahaan baja BUMN, PT Krakatau Steel/KS (Persero) Tbk, hari ini, Selasa (28/01/2020) melakukan restrukturisasi utang sebesar Rp40 triliun. Inilah restrukturisasi utang terbesar dalam sejarah Indonesia.

"Hari ini kami akan umumkan restrukturisasi Krakatau Steel. Restrukturisasi utang sebesar Rp40 triliun," ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir di Jakarta, Selasa (28/01/2020).

Erick menilai bahwa restrukturisasi utang BUMN tersebut salah satu yang terbesar dalam sejarah Indonesia.


TAGS : Krakatau Steel Erick Thohir Restrukturisasi Utang




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :