Sabtu, 20/04/2024 04:01 WIB

Trump Meminta Senat Tolak Pemakzulannya

Trump yang merupakan jebolan dari partai Republik sejauh ini tetap menantang. Presiden AS yang ke 45 itu mengklaim tidak ada alasan hukum untuk memakzulkannya.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump (Foto via Press TV)

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump meminta Senat yang dipimpin Partai Republik membatalkan pemakzulan yang diluncurkan terhadapnya oleh Dewan Perwakilan yang dipimpin Demokrat atas dugaan menghalangi Kongres dan menyalahgunakan kekuasaan.

Pada Rabu (15/1), DPR AS sepakat untuk mengirimkan dakwaan pemakzulan formal kepada Senat untuk mengadakan persidangan dan mengakhiri kepresidenan Trump.

Trump yang merupakan jebolan dari partai Republik sejauh ini tetap menantang. Presiden AS yang ke 45 itu mengklaim tidak ada alasan hukum untuk memakzulkannya.

Ia yang menggambarkan pemakzulan sebagai "perburuan penyihir", memberikan jaminan kepada basis kekuatannya bahwa Senat yang dikuasai Partai Republik sangat tidak mungkin untuk mencopotnya sebagai Presiden.

"Senat menolak pasal-pasal kekurangan impeachment ini dan membebaskan presiden," sebuah ringkasan eksekutif dari ringkasan pra-sidang Trump dalam pertahanan komprehensif pertama presiden Republik pada Senin (20/1) sebelum sidang Senatnya dimulai.

Pengacara Trump menggambarkan tuduhan Kongres terhadapnya sebagai sembrono dan berbahaya. Ia mengatakan, Trump menjalankan hak hukumnya dengan menolak tuntutan kongres untuk informasi, juga dikenal sebagai panggilan pengadilan.

"House Demokrat mengusulkan pengusiran Presiden dari jabatannya karena dia menegaskan hak hukum dan hak istimewa Cabang Eksekutif terhadap panggilan pengadilan yang cacat - berdasarkan saran dari Departemen Kehakiman," katanya.

Pembela berargumen bahwa, "Menerima teori itu akan menyebabkan kerusakan abadi pada pemisahan kekuasaan antara cabang pemerintahan eksekutif, legislatif dan yudikatif."

Trump sedang diadili karena diam-diam memegang bantuan Kongres yang disetujui ke Ukraina antara Juli dan September menekan Kiev untuk menyelidiki mantan wakil presiden Joe Biden, calon terdepan Demokrat dalam perlombaan Gedung Putih tahun ini.

Selain itu, Trump juga didakwa karena menahan saksi dan dokumen dari penyelidikan pemakzulan DPR dan menentang panggilan pengadilan di Kongres.

KEYWORD :

Amerika Serikat Donald Trump Pemakzulan Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :