Jum'at, 21/02/2020 20:33 WIB

Pesawat Tempur Israel Tembaki Pabrik Senjata Gaza

Pesawat tempur Israel menyerang sebuah pabrik senjata di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas Kamis pagi setelah gerilyawan Palestina di daerah kantong menembakkan sebuah roket ke Israel.

Heron TP, kendaraan udara tak berawak terbesar Israel (Foto: PressTV)

Jakarta, Jurnas.com - Pesawat-pesawat tempur Israel menyerang sebuah pabrik senjata di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas Kamis pagi setelah gerilyawan Palestina di daerah kantong menembakkan sebuah roket ke Israel.

"Semalam, sebuah roket diluncurkan dari Jalur Gaza di wilayah Israel," kata pernyataan militer Israel dilansir The National.

"Sebagai tanggapan jet tempur menghantam sebuah situs pabrik senjata Hamas di Jalur Gaza utara," tambahnya.

Tidak ada laporan langsung tentang korban dalam serangan roket semalam atau serangan udara yang terjadi kemudian.

Kemudian pada hari Kamis, otoritas Israel mengumumkan pengurangan hukuman di zona penangkapan ikan di lepas pantai Gaza.

COGAT, sebuah unit kementerian pertahanan Israel, mengatakan bahwa dalam menanggapi tembakan roket terbaru, "zona penangkapan ikan Jalur Gaza telah dikurangi menjadi 10 mil laut sampai pemberitahuan lebih lanjut".

Israel terus-menerus menyesuaikan zona penangkapan ikan sesuai dengan tingkat ketegangan di sekitar Gaza, kadang-kadang memungkinkan kapal untuk menangkap ikan hingga 15 mil laut lepas pantai dan di negara lain membatasi mereka menjadi enam atau melarang sama sekali penangkapan ikan.

Hamas telah menguasai Gaza sejak 2007, dan Israel umumnya menganggap gerakan Islamis bertanggung jawab atas semua tembakan roket yang berasal dari wilayah itu, meskipun Israel juga menargetkan kelompok-kelompok militan lainnya.

Pada hari Selasa, sebuah pesawat Israel menabrak apa yang dikatakan militer adalah seorang Palestina bersenjata yang terlihat mendekati pagar perbatasan Israel di Gaza.

Kematiannya sejauh ini belum dikonfirmasi secara resmi karena belum ada mayat yang diambil dari daerah terlarang yang berbatasan dengan perbatasan.

Bulan lalu, pasukan Israel membunuh seorang pemimpin senior Jihad Islam di Jalur Gaza, memicu gejolak dua hari yang menewaskan 36 warga Palestina.

Jihad Islam menembakkan sekitar 450 roket ke Israel, banyak di antaranya dicegat oleh sistem pertahanan Iron Dome. Israel telah berperang tiga kali dengan Hamas dan kelompok bersenjata sekutu di Gaza sejak 2008.

TAGS : Pabrik Senjata Jalur Gaza Pesawat Tempur Israel




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :