Kamis, 25/04/2024 16:06 WIB

Diduga Dukung BDS, Direktur HAM Israel Didevortasi

Direktur Eksekutif HRW, Ken Roth mengatakan, warga negara Amerika Serikat (AS) akan dideportasi dari Israel pada Senin (25/11) karena diduga mendukung gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS).

Direktur Human Rights Watch untuk Israel dan wilayah Palestina, Omar Shakir (Foto: PressTV)

Tel Aviv, Jurnas. com - Human Rights Watch (HRW) mengecam keputusan Tel Aviv mengusir direktur kelompok hak asasi manusia yang berbasis di Amerika Serikat (AS) untuk Israel dan wilayah Palestina, Omar Shakir, dari wilayah-wilayah pendudukan.

Direktur Eksekutif HRW, Ken Roth mengatakan, warga negara AS akan dideportasi dari Israel pada Senin (25/11) karena diduga mendukung gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS).

BDS merupakan kampanye pimpinan Palestina yang menyerukan pemboikotan total dan mendunia terhadap rezim Israel. Gerakan ini dimulai pada 2005 oleh lebih dari 170 organisasi Palestina dan kemudian berubah menjadi gerakan internasional.

BDS, yang diilhami oleh gerakan anti-apartheid Afrika Selatan, mengatakan pihaknya terus berupaya sampai memaksa Israel untuk mematuhi kewajibannya di bawah hukum internasional dan mengakhiri pendudukannya atas tanah Palestina.

Perintah pengusiran, yang ditegakkan oleh Mahkamah Agung Israel awal bulan ini, akan menjadikan Shakir orang pertama diusir dari Israel berdasarkan undang-undang 2017 yang memungkinkan deportasi orang asing yang mendukung BDS.

HRW menolak gagasan bahwa Shakir  mendukung gerakan boikot terhadap Israel, dengan mengatakan rezim pendudukan sebenarnya berusaha untuk menekan kritik terhadap kebijakan terhadap Palestina.

Di tempat lain dalam pernyataannya, Roth mengatakan Tel Aviv mencoba "sebanyak mungkin" untuk membungkam upaya "menyoroti pelanggaran hak asasi manusia di jantung pendudukan yang menindas, diskriminatif (dari tanah Palestina)."

Shakir, yang menyangkal mendukung BDS setidaknya sejak jadi direktur HRW, berjuang kampanye hukum panjang terhadap pengusiran, tetapi tidak berhasil.

Dalam akun Twitternya pada Minggu (24/11), ia mencatat bahwa pengusirannya disebabkan karena advokasi hak asasi manusia dengan HRW.

"Israel dijadwalkan untuk mendeportasi saya besok atas pekerjaan saya sebagai direktur HRW di Israel," kata Shakir.

"Ini menarik garis merah: kebebasan berekspresi di Israel hari ini tidak termasuk advokasi hak-hak dasar (menyerukan bisnis untuk menahan diri dari keterlibatan) dalam penyalahgunaan). Kami bukan yang pertama & tidak akan menjadi yang terakhir," tambahnya.

Tahun lalu, Israel menerbitkan daftar 20 organisasi yang para aktivisnya akan dilarang memasuki wilayah pendudukan karena BDS. Kementerian urusan strategis Israel mengalokasikan senilai USD36 juta untuk memerangi gerakan BDS.

Ribuan sukarelawan di seluruh dunia bergabung dengan gerakan BDS, yang menyerukan kepada orang-orang dan kelompok-kelompok di seluruh dunia untuk memutus hubungan ekonomi, budaya dan akademik ke Tel Aviv, untuk membantu mempromosikan perjuangan Palestina. (PressTV)

KEYWORD :

Palestina Gerakan BDS Israel Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :