Jum'at, 26/04/2024 16:22 WIB

Empat Tantangan yang Dihadapi Perempuan Muda

Kurangnya akses terhadap edukasi, pekerjaan dan pelatihan menjadi bagian dari momok besar yang dihadapi perempuan muda Indonesia dibanding beberapa negara lainnya.

Masih banyak tantangan yang dihadapi oleh perempuan muda (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Perempuan muda Indonesia masih menghadapi tantangan yang menghalangi mereka untuk mengembangkan diri dan menjadi individu berdaya.

Untuk mengetahui tantangan yang dihadapi oleh perempuan, Sunsilk merilis white paper bekerja sama dengan International Centre for Research on Women (ICRW).

Riset ini menyebutkan bahwa tantangan yang dihadapi oleh perempuan muda seperti; pembatasan dari diri sendiri (individual), lingkungan rumah (household), lingkungan sekitar (community) serta masyarakat secara luas (society), menghalangi perempuan untuk menggali potensi diri.

Kurangnya akses terhadap edukasi, pekerjaan dan pelatihan (NEET) pun menjadi bagian dari momok besar yang dihadapi perempuan muda Indonesia dibanding beberapa negara lainnya.

Sebanyak 28 persen populasi perempuan muda Indonesia berisiko NEET dua kali lebih besar dibandingkan laki-laki. dengan mengetahui potensi dan membangun kualitas diri yang baik menjadi faktor penting bagi perempuan untuk berdaya.

Setuju akan kekuatan dan kontribusi perempuan Indonesia, Raisa Andriana dan Isyana Sarasvati, dua penyanyi solo Indonesia yang juga Brand Ambassador Sunsilk, berbagi cerita jika ia terus memaksimalkan potensi diri dengan tidak hanya berkarier di dunia tarik suara melainkan juga berwiraswasta, serta menjalankan peran
sebagai ibu.

"Aku yakin bahwa sebenarnya perempuan itu hanya butuh keyakinan untuk menjadi tak terhentikan. Aku berharap dengan inisiatif ini perempuan muda Indonesia tidak hanya terinspirasi namun juga terberdaya melalui program pembekalan diri untuk terus berkarya di setiap langkahnya meraih mimpi.

"Aku setuju dengan apa yang Raisa sampaikan. Perempuan harus berani bermimpi dan berani memilih. Mungkin beberapa orang menganggap sebelah mata Pendidikan bidang seni/musik seperti yang sedang aku jalani, tetapi justru ini menjadi tantangan bagi aku untuk membuktikan bahwa belajar dan berkarya dapat menghasilkan output yang memuaskan jika kita berusaha melampaui batas dan tak terhentikan,” sahut Isyana.

Memahami hal ini, Sunsilk mengajak perempuan Indonesia untuk jadi #TakTerhentikan dan membuka kesempatan bagi mereka untuk meraih mimpinya.

Berkolaborasi dengan Girl Rising, Sunsilk akan memberikan serangkaian pelatihan bagi 10.000 perempuan muda Indonesia untuk menginspirasi dan menggali potensi diri mereka melalui program ‘Kilaukan Mimpimu’.

KEYWORD :

Perempuan Muda Tantangan Perempuan Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :